Gerakan ‘Aisyiyah Sumut Peduli di 20 Daerah

Dok Syaiful Hadi/SM

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Gerakan Nasional Aisyiyah Peduli Covid19 dan Penyambutan Ramadhan 1441 Hijrian berlangsung diseluruh tanah air dengan pendistribusian sembako kepada warga yang terpapar ekonominya akibat program social distancing.

Gerakan Aisyiyah Peduli dilakukan oleh 20 Pimpinan Daerah Aisyiyah se Sumatera Utara melalui Pimpinan Cabang dan Ranting Aisyiyah.

Demikian Ketua PW Aisyiyah Sumut Hj. Elynita menjelaskan Gerakan Al-Ma’un yang berlangsung dengan menyerahkan ribuan paket sembako dan bahan kebutuhan hidup lainnya. Kata Elynita, Gerakan Sosial yang digalang Aisyiyah ini memberi arti yang sangat besar dalam membantu warga yang sedang mengalami kesulitan.

Ketua PW Aisyiyah Sumut itu berharap, gerakan ini terus berlangsung karena dengan semakin lama Covid mewabah maka semakin sulit kondisi ekonomi masyarakat.

Medan

Dari catatan yang dihimpun Suara Muhammadiyah, Gerakan Aisyiyah Peduli berlangsung di Pimpinan Cabang Aisyiyah Medan Tuntungan yang membagikan 46 paket bantuan berisi beras, minyak goreng, gula putih, dan mi instan.

PCA Medan Tuntungan Zulmaida  mengatakan distribusi diberikan kepada guru amal usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah di Perumnas Simalingkar.

Masih dari Medan, Pimpinan Cabang Aisyiyah  Medan Tembung dan Pimpinan Ranting Aisyiyah Bandar Selamat mendistribusikan 80 paket sembako yang dibagi untuk warga di tiga ranting ( Ranting Bandar Selamat, Ranting Pertiwi dan Ranting Mandailing).

Pendistribuan di PCA Medan Tembung dilakukan Ketua PCA Medan Tembung Sentosa Harahap, bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah Medan Tembung, Aswan Lubis dan Ketua PRA Bandar Selamat Hasnal Khairi Matondang.

Sedangkan di Cabang Aisyiyah Percut Sei Tuan bersama Majelis Ekonomi dan Tenaga Kerja PW Aisyiyah Sumut berlangsung program Gerakan Lumbung Hidup dimana PW Aisyiyah memberikan berbagai varitas tanaman yang dikembangkan di lahah rumah masing-masing.

Baca Juga:   Muhammadiyah Sampaikan Duka Cita Atas Wafatnya Ketua MTA

Gerakan penyerahan bibit untuk Gerakan Lumbung Hidup dilakukan oleh Ketua Cabang Aisyiyah Percut Sei Tuan Murniati Lubis.

Gerakan ‘Aisyiyah Sumut Peduli di 20 Daerah
Gerakan ‘Aisyiyah Sumut Peduli di 20 Daerah 1

Labuhan Batu

Gerakan Aisyiyah Peduli Covid-19 juga berlangsung di Labuhan Batu. Gerakan Al Maun di Labuhan Batu bersama TB Care Aisyiyah menyerahkan bantuan sembako kepada penderita tuberculosis.

Sedangkan di Kabupaten Asahan, Gerakan berlangsung di Kota Kisaran degan membagikan  sembako sebanyak 70 paket. Ketua PD Aisyiyah Asahan, Sumiati  mengatakan, pendistribusian sembako dihadiri Kapolres Asahan dan Ketua PDM Asahan.

Padang Sidempuan

Dari Kota Salak, Kegiatan Peduli Covid-19 dana penyambutan Ramadhan berlangsung dengan membagikan  236 paket bantuan kepada warga dari 4 cabang Aisyiyah.

Penyerahan dihadiri Ketua PDM Padang Sidempuan Amil Mahzul, Rektor UMTS Muksana Pasaribu, Wakil Ketua DPRD dan Kapores Tapanuli Selatan.

Kegiatan yang sama juga berlangsung di Kabupaten Serdang Bedagai, yang berlokasi di Sei Rampah.  Kegiatan penyerahan bantuan di Sergai itu merupakan bantuan tahap ke-2. (Syaifulh/Riz)