Sinergi Tokomu dan Lazismu Banguntapan Utara Berbagi di tengah Wabah

Dalam rangka ta’awun sosial, MCCC Banguntapan utara melakukan penyaluran sembako bagi warga terdampak corona dan kurang mampu. Gerakan in merupakan gabungan kegiatan PCM, PCA, LazisMU, tokoMU dan AMM Banguntapan utara.

Alhamdulillah tepat sebelum corona mewabah, PCM dan PCA BU telah menginisiasi berdirinya TokoMU, sehingga awal dibukanya TokoMu langsung dapat diberdayakan untuk menerima, menjual dan menyalurkan bantuan sembako.

Sebuah sinergi yang sangat bagus antara LAZISMU sebagai pusat pengumpulan donasi dan ZIS dengan Tokomu sebagai gerakan ekonomi Muhammadiyah sebagai pusat penyediaan bahan-bahan pokok makanan dan kebutuhan hidup lainnya.

Sebenarnya setiap tahun menjelang Ramadhan, masing-masing ranting di cabang Banguntapan Utara mengadakan santunan fakir miskin, sehingga pengumpulan dana untuk penyaluran tahun ini pun tidak mengalami banyak kendala.
Hanya saja yang biasanya dilakukan kegiatan penyaluran bantuan dengan pengajian akbar, kali ini pengurus cabang/ranting yang mendatangi rumah mustahiq satu persatu, sembari memberikan bantuan masker dan kebutuhan yang lainnya.

Dari 6 ranting yang terdapat di cabang Banguntapan utara, rata-rata setiap ranting dapat menyalurkan 150an paket sembako. Kalaupun tidak atas nama ranting, masjid-masjid digerakkan oleh pengurus Muhammadiyah setempat untuk menyalurkan dana masjid ke masyarakat kurang mampu. (RF)

Baca Juga:   Lewat Car-Free day, LAZISMU Kampanyekan Kurban di Perbatasan Indonesia