Takjilan menjadi Paket Bingkisan Ramadhan

Dok Ridwan/SM

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Ranting Muhammadiyah Warungboto lewat Takmir dan Remaja Islam Masjid Ta’awanul Muslimin (RISMATA), membagikan ratusan paket bingkisan Ramadhan untuk masyarakat dan jamaah masjid yang terdampak wabah covid-19.

Kegiatan ini adalah kali pertamanya dilakukan ditengah wabah covid-19 dan merupakan alihkan dari kegiatan takjil yang biasanya rutin dilakukan setiap Ramadhan oleh pihak Masjid. Tujuan dari program ini adalah membantu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat termasuk jamaah sekitar masjid yang terdampak.

Sebanyak 350 paket bingkisan Ramadhan sudah terdistribusi. “Ini adalah upaya kami (Takmir) untuk tetap dapat melayani ummat, yang biasanya tersedia dalam bentuk kegiatan Takjil rutin, kini kita alihkan dalam bentuk sembako dan kita salurkan kepada masyarakat sekaligus jamaah yang terdampak covid-19” ujar Ibrahim Salim saat dikonfirmasi pada Senin (04/05).

Dalam menanggulangi wabah covid-19 ini, pemerintah telah mengeluarkan instruksi untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang, termasuk salah satu didalamnya melakukan ibadah seperti sholat jum’at dan tarawih. “Karena ditiadakannya kegiatan kajian sebelum berbuka dan sholat tarawih berjamaah, maka alokasi dana yang biasa kita gunakan untuk takjilan kita alihkan untuk dibelikan sembako itu” imbuhnya.

Meskipun ada larangan untuk tidak memperbanyak aktivitas diluar rumah terlebih yang bersinggungan dengan banyak orang, tetap saja di situasi pandemi seperti ini ngabuburit masih menjadi kegiatan pokok masyarakat dan tetap saja ramai.

Untuk menjaga masyarakat tetap dirumah saja dalam rangka memutus rantai penularan covid-19, takmir masjid Ta’wanul Muslimin berkoordinasi dengan ketua RT dan dibantu oleh remaja masjid daam menyalurkan bingkisan ramadhan tersebut.

“Kita membantu menyalurkannya dengan berkeliling menggunakan Tossa ini,” pungkas Rizky sebagai ketua remaja masjid.

Paket bingkisan ramadhan yang digalakkan oleh takmir masjid Ta’awanul Muslimin sudah kali yang kedua, dan rencananya akan ditutup untuk kali ketiganya di penghujung Ramadhan kali ini. (Ridwan)

Baca Juga:   Walikota Banjarbaru Najdmi Adhani Sangat Perhatian kepada Muhammadiyah