Hadits Seputar Ramadhan (1) Puasa sebagai Salah Satu Pondasi Agama

Ruslan Fariadi, SAg, MSI

Tulisan ini memuat hadits-hadits maqbul (shahih dan Hasan) seputar Ramadhan, baik yang berkaitan dengan Puasa, Qiyamur Ramadhan, Zakat, maupun Idul Fithri. Harapannya semoga hadits-hadits maqbul dan populer seputar Ramadhan ini dapat menjadi bahan refrensi bagi umat, khususnya para penceramah, dalam mencari penjelasan tentang berbagai persoalan seputar Ramadhan langsung dari Hadits Nabi Saw.

Hadits-Hadits yang ditampilkan di sini merupakan kumpulan Hadits populer yang dikutip dari berbagai kitab Hadits primer (mu’tabar) maupun kitab dan sumber rujukan sekunder lainnya, disertai dengan penjelasan tetang kualitas dan sumber-sumber (takhrij)-nya. Harapannya agar para pembaca yang ingin melakukan pencarian dari sumber aslinya dapat melakukannya dengan mudah dan langsung kepada hadits maqbul yang dimaksud.

Puasa Ramadhan Sebagai Salah Satu Pondasi Agama

عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ (رواه البخاري و مسلم)