Sehat Jasmani kala Pandemi ala Guru MIM Kenteng

Foto Dok MIM Kenteng/SM

KULON PROGO, Suara MuhammadiyahWork Form Home memang menjadi pilihan untuk situasi dan kondisi saat ini. Hal ini dilakukan karena dalam rangka memutus rantai penyebaran virus covid 19 atau biasa disebut virus corona. Pola hidup sehat juga menjadi kewajiban setiap individu yang sesuai dengan anjuran dari pemerintah mulai dari cuci tangan, membersihkan lingkungan dan olahraga secukupnya.

Rujito,S.Pd.I,M.Pd. selaku Kepala MI Muhammadiyah Kenteng menghimbau kepada semua guru untuk mengajak siswa-siswinya meningkatkan daya tahan tubuh dengan kegiatan olahraga di rumah. Salah satu upaya dalam kegiatan olahraga, guru MI Muhammadiyah Kenteng yaitu Aisaturohmah (Guru Olahraga/Penjaskes), Rizco Ardian Saputro (Guru kelas 4), dan Rita Febri Subarni (Guru Kesenian/SBK) menggagas sebuah senam sehat dari lagu tik-tok dengan judul “ You Know I’ll Go Get” yang dicover oleh TML Dance Crew.  Pemeran dalam video senam ini juga tetap menerapkan social distancing serta memakai masker, video ini juga akan di bagikan lewat Whatsapp Group  dan juga google drive dengan alamat https://drive.google.com/open?id=1q4Woh8YTw61lP5FRDUTzJh1MxG5RrRVG sehingga bisa dipraktekan di rumah oleh anak-anak.

“Lagu tik-tok yang kini menjadi tren di kalangan anak muda bahkan anak sekolah dasar, menjadi bahan utama dalam pengcoveran senam yang masuk ke dalam jenis remix zumba ini. dengan senam musik kekinian ini diharapkan anak bisa tertarik dan bisa menghilangkan kejenuhan serta rasa bosan saat di rumah, selain itu sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh siswa,”ungkap Aisaturohmah tanggal (10/05/2020)

“Senam yang berdurasi kurang lebih 2 menit 36 detik ini berisi gerakan-gerakan dengan komposisi yang melatih motorik siswa. Mulai dari gerakan tangan, tubuh dan kaki berdasarkan hitungan pokoknya. Selain itu terdapat beberapa gerak lokomotor seperti pegeseran kaki ke kanan dan kiri, hentakan kaki, dan ayunan tangan yang menjadikan tubuh aktif bergerak sehingga menghasilkan keringat, sebagai salah satu upaya juga untuk mengurangi lemak dalam tubuh.” Imbuh Aisaturohmah.

Baca Juga:   MIM Kenteng Ikuti Bimtek Implementasi Pembelajaran Kemenag

“Dengan adanya kegiatan ini otomatis akan banyak manfaat positif  yang didapatkan, apalagi dalam kondisi pandemi virus covid 19 saat ini, sangat dibutuhkan penjagaan daya tahan tubuh, tubuh butuh bergerak biar otot-ototnya tidak kaku. Puasa bukan menjadi alasan lagi untuk tidak berkegiatan. Selain dari segi internalnya bisa juga dengan mengkonsumsi makanan bergizi saat sahur maupun berbuka,” ungkap Rita.

“Senam merupakan kegiatan olahraga yang menyenangkan, sehat jasmani tentunya menjadi harapan banyak orang. Daya tahan tubuh yang kuat akan menjadi antibodi terhadap berbagai macam penyakit salah satunya yaitu virus covid-19. Mari bersama-sama kita terapkan pola hidup sehat, seperti dalam sebuah bahasa latin Mensana in corpore sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” Kata Rizco.(ras)