25 C
Yogyakarta
Selasa, Agustus 4, 2020

Inisiatif Warung Gratis ‘Aisyiyah Pringkuku Pacitan Bantu Warga

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

IAIN Kudus Gandeng MTs Al-Mu’min dalam KKL Online

IAIN Kudus Gandeng MTs Al-Mu’min dalam KKL Online

Muhammadiyah Tegaskan Tak Ikut POP Kemendikbud

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah menegaskan tak mengikuti Program Organisasi Penggerak (POP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendikbud memang sempat menyampaikan permintaan agar...

Qurban Masa Pandemi, Lazismu Grobogan Himpun Qurban Hingga 847 Juta

GROBOGAN, Suara Muhammadiyah - Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kabupaten Grobogan berhasil menghimpun puluhan hewan qurban pada Idul Adha...

Kawal Kebijakan Pemerintah AMM Wonosobo Bertandang ke DPRD

WONOSOBO, Suara Muhammadiyah - Sejumlah perwakilan dari Angkatan Muda muhmaadiyah (AMM) Wonosobo adakan audiensi bersama Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Wonosobo....

Dikemas Ramah Lingkungan, BPKH Salurkan 50 Ekor Sapi Lewat Kurban Ketahanan Pangan Lazismu

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – LAZISMU. Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bersama mitra program kemaslahatan di hari raya Idul Adha menyalurkan 50 hewan...
- Advertisement -

PACITAN, Suara Muhammadiyah – Berbagai kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi oleh masyarakat. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang telah berdampak kepada  berbagai sektor kehidupan. Tak terkecuali ketersediaan pangan.

Inisiatif Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah (PCA) Kecamatan Pringkuku di Pacitan memberikan bantuan untuk membantu warga. Dengan membuka warung belanja gratis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Ketua PCA Pringkuku Sri Haryati mengungkapkan inisiatif warung gratis ini terinspirasi dari siaran televisi, lalu ia mengajak rekan-rekan yang lain dan menawarkan kepada mereka bagaimana jika PCA Pringkuku mengadakan kegiatan serupa.

“Inspirasi tersebut mendapat respon baik dari ibu-ibu ‘Aisyiyah yang lain, sehingga tak perlu waktu lama, kami sudah bisa mendirikan warung gratis ini,” tuturnya. Termasuk didukung para penyumbang dana untuk penyelenggaraannya.

Warung gratis ‘Aisyiyah Pringkuku tersebut dibuka  sejak Senin (11/5) di rumah Sri Haryati. Kemudian digelar hingga delapan hari kedepan secara bergiliran ke delapan RT di Dusun Gondang.

Warung buka pukul 08.00 hingga 10.00 yang dimumumkan WhatsApp (WA) dan pengeras suara. Warga tampak antusias berdatangan dan antri sesuai protokol physical distancing (jaga jarak) untuk mengambil seperlunya kebutuhan mereka.

Sri Haryati juga menuturkan, selain untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak Covid-19, kegiatan ini juga guna mempererat silaturrahim anggota PCA. “Hal yang paling penting adalah sebagai sarana dakwah akan pentingnya sedekah, apalagi sekarang ini bulan ramadhan,” katanya.

Meskipun gratis dan diperbolehkan mengambil secara bebas, warga diiimbau mengambil keperluan sesuai kebutuhan. Warung gratis tersebut menyediakan beragam kebutuhan seperti lauk pauk,sayuran, mi, cendol, dan lain-lain. “Sehingga dapat merata, serta dapat memberi kesempatan yang datang belakang agar kebagian,” ungkap Sri.

Bendahara PCA Pringkuku Anna Nurmawati menambahkan bahwa modal dalam warung gratis ini diambil dari infaq PCA Pringkuku dan beberapa bantuan dari donatur. Sedangkan yang disediakan meliputi sembako, sayur-mayur dan aneka belanja dapur ibu-ibu yang lain.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Pacitan Hadi Sofiin memberikan apresiasi dan tanggapan kepada warung gratis ini. “Saya melihat, biarpun gratis, namun tidak ada warga yang memborong semua, tetapi mengambil sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan,” kata Hadi.

Sri Haryati mewakili seluruh anggota tak lupa menyampaikan banyak terimakasih kepada para relawan dan donatur. “Semoga kegiatan ini bisa membantu meringankan beban ekonomi para warga yang menjadi korban Covid-19,” pungkasnya.(Riz)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles