Warung Gratis ala PC Aisyiyah Pringkuku Pacitan

Foto Dok Agus/SM

PACITAN, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Aisyiyah Pringkuku Daerah Pacitan mempunyai cara yang sangat mulia dalam membantu warga dalam suasana pendemik COVID-19. Hari ini (Rabu, 13/05) adalah hari ketiga dengan mengambil tempat bergilir di tempat kediaman pengurus PCA Pringkuku membuka “warung gratis” bagi warga yang membutuhkan bahan makanan di tengah suasana puasa Ramadhan dan masa masa pendemik.

“Kegiatan warung gratis ini selain membantu warga masyarakat yang membutuhkan juga dimaksudkan membantu warga yang secara tidak langsung terdampak COVID-19 PCA, dan juga sosialisasi tentang penerapan protokol kesehatan dalam masa pendemik COVID-19. Sedikit evaluasi yang kami lakukan bahwa pada hari pertama dan kedua kegiatan ada beberapa warga yang tidak pakai masker dan bergerombol/berebut. Untuk hari ketiga ini akan kami atur sedemikian sehingga menerapkan “jaga jarak” dan bermasker,” demikian penjelasan Sri Hayati selaku Ketua PCA Pringkuku.

Beberapa barang dijajakan di warung gratis ini, terutama kebutuhan pokok sehari-hari : beras, mi-instan, sayur mayur, lauk pauk dan minyak goreng. Warga sekitar sangat antusias menyambut adanya warung gratis ini, biarpun tidak selengkap yang ada di pasar dan warung “beneran”.

Setidaknya ini sangat membantu bagi warga yang benar-benar mengalami kesulitan di saat wabah pendemik ini. Antusias warga dan anggota Aisyiyah juga meningkat untuk mendonasikan dana untuk keperluan belanja warung gratis ini setelah memperhatikan kegiatan hari pertama. Tidak kurang 1 juta rupiah dana yang digunakan untuk pembelian barang di warung gratis ini dalam setiap harinya.

Biarpun gratis nol rupiah tidak ada warga yang berusaha memborong semua yang ada untuk dirinya sendiri, tetapi warga mengambil sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan keluarganya dan menyesuaikan menu makanan yang akan dimasak.

Baca Juga:   Atlet Tapak Suci SD Muh Pangkalpinang Juara 2 Pencak Silat O2SN

“Kami berharap kegiatan ini dapat berlangsung selama adanya pendemik COVID-19 yang berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat luas. Kami Pimpinan Cabang Aisyiyah Pringkuku membuka diri untuk menerima infaq dan shadaqoh untuk kami sampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan melalui warung gratis dan kegiatan ini akan dikembangkan ke Pimpinan Ranting Aisyiyah yang ada,” pungkas Sri Hayati. (Agus Hadi Prabowo)