Terimakasih Kraton Jogja

Oleh: Deni Asyari

Tepat pada hari ini, Kamis/14/05, Suara Muhammadiyah Corner (SM Corner) pertama yang berada di pelataraan (Area) masjid gede Kraton Yogyakarta ditutup.

Penutupan SM Corner ini memang bukanlah pilihan kami, melainkan kebijakan Kraton dalam rangka pemugaran dan renovasi area bangunan yang ada di Masjid Gede Kauman Yogyakarta tersebut.

Sehingga, SM Corner yang juga menempati salah satu bangunan di lingkungan Masjid, ikut serta menjadi bagian yang harus dipugar. Dengan kebijakan tersebut otomatis, kami pun harus memaklumi, untuk menutup dan mencari tempat lain.

Apalagi posisi Suara Muhammadiyah, hanya sekedar menampati untuk mengelola salahsatu bangunan yang kurang berfungsi pada saat itu, sehingga, dengan adanya SM Corner di bangunan tersebut, ada harapan bisa memberikan syiar dan keramaian. Khususnya bagi para wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta, dan yang membutuhkan informasi serta produk Muhammadiyah & oleh-oleh khas Jogja

Oleh karena itu, atas kesempatan yang telah diberikan kepada Suara Muhammadiyah untuk menempati salahsatu bangunan yang ada, kami mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada Kraton, dan khususnya kepada Takmir Masjid Gede Kauman. Sebab melalui SM Corner Jogja ini, menjadi inspirasi bagi tumbuh dan berkembangnya SM Corner di seluruh tanah air, bahkan di luar negeri.

SM Corner Jogja, dibuka pertama kali pada Ramadhan tahun 2017. Pembukaan SM Corner tersebut, langsung dihadiri oleh Ketua PP Muhammadiyah, yang kini telah meninggalkan kita, yaitu Alm Prof.Yunahar Ilyas atau yang akrab dipanggil Buya Yun. Dan tepat pula pada bulan Ramadhan tahun ini, SM Corner Jogja yang bertempat area Masjid Gede Kauman juga ditutup.

Melalui SM Corner Jogja, telah menginspirasi munculnya SM Corner-SM Corner di berbagai daerah di seluruh Indonesia dan bahkan luar negeri. Bahkan sejak didirikan pertama tahun 2017 hingga saat sekarang, SM Corner sudah tersebar sebanyak 72 Outlet di Indonesia, dan 3 Outlet di luar negeri.

Baca Juga:   Ditraktir Haedar Nashir

Sesuatu yang tak pernah dibayangkan. Sebab yang awalnya sebagai percobaan untuk mengembangkan toko SM berbasis jejaring, berubah menjadi pengembangan outlet di berbagai tempat.

Melalui SM Corner ini, sangat dirasakan dinamika dan nafas enterpreneurship yang sangat tinggi di lingkungan Muhammadiyah. Sehingga melalui SM Corner, proses putaran produksi barang begitu cepat.

Bahkan di tengah wabah pandemi saat sekarang, dimana banyak pertokoan dan tempat usaha tutup, termasuk beberapa usaha di lingkungan Suara Muhammadiyah, justru SM Corner masih tetap aktif dan tidak henti-hentinya melakukan proses repeat barang.

Semua kondisi ini, tentu tidak lepas dari sejarah awal berdirinya SM corner Jogja. Jika tidak ada SM Corner Jogja, belum tentu kita bisa melihat pergerakan SM Corner di seluruh Indonesia. Maka, sudah sangat pantas, kami berterimakasih atas kesempatan untuk menghadirkan SM Corner di area Masjid Gede Kraton Yogyakarta. Semoga semua kebaikan ini, memberi manfaat buat kita semua.

Dan sebagai pengganti lokasi SM Corner Jogja yang baru, insyaAllah akan menempati area yang baru, yang nantinya akan diresmikan kembali pasca wabah covid ini sirna. Dan SM Corner Jogja yang baru, akan hadir dengan konsep pusat distribusi retail kebutuhan SM Corner seluruh Indonesia, mulai produk-produk pakaian, buku, kain, aksesoris, dan produk sembako serta kebutuhan harian.

Akhirnya, semua kita percaya, tidak ada satupun pergerakan dalam hidup manusia, kecuali ada hikmah yang sangat luar biasa. Wassalam

Yogyakarta/14/05/2020
Catatan Jelang Berbuka.

Terimakasih Kraton Jogja
Terimakasih Kraton Jogja 1