Profesional dan Transparan, Kiprah Lazismu PCM Bantul di Masa Pandemi

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Peran Lazismu dalam penanggulangan wabah virus corona (Covid-19) melalui program nasional Muhammadiyah Command Center Covid-19 (MCCC) terus berlangsung.

Tak terkecuali Lazismu Kecamatan Bantul terus berkiprah dan bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat dan juga dengan AMM (angkatan Muda Muhammadiyah), di kecamatan Bantul.

“Secara struktur,  Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat agar ikut membantu pemerintah dalam menangkal penyebaran Covid-19 ini,” ujar Drs.Barmawi, Selaku ketua PCM Bantul.

“Mudah-mudahan kita bisa menggerakkan warga dan jamaah di kecamatan Bantul  untuk ikut berpartisipasi dalam menangkal penyebaran Virus Corona” tambah Barmawi.  

Kepala kantor lazismu PCM Bantul Zaenal Arifin mengungkapkan Lazismu PCM Bantul kota sudah mulai bergerak sejak awal pandemi ini, Tim dari Lazismu sudah melakukan kegiatan preventif dengan melakukan penyemprotan pada 27 masjid dan musholla, 11 fasilitas umum dan 8 sekolah.

Sementara itu, Dwi Sumaryanto menambahkah bahwa Lazismu kecamatan Bantul punya beberapa pogram  yang sudah, sedang dan akan dijalankan selama pandemi covid-19 ini.

“Tim lazismu sudah membagikan 550 masker, 152  paket sabun cuci tangan ke masjid dan fasilitas umum di kecamatan Bantul. Tidak hanya itu saja, kami juga membagikan 89 paket peduli guru dan 520 paket sembako untuk para dhuafa,” ujar Dwi selaku ketua Lazismu Kecamatan Bantul Kota.

Suwarjono, selaku ketua bagian fundrising mengatakan sebenarnya Lazismu punya banyak program seperti layanan ambulance dan juga warungmu yang menyediakan kebutuhan masyarakat yang berupa sembako dengan sistem layanan antar.

HM. Munawir sebagai wakil ketua PCM Bantul kota sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan lazismu kecamatan Bantul. Munawir ikut menghimbau kepada para aghniya dan muzaki untuk bisa menitipkan zakat, infaq dan shodaqohnya kepada Lazismu. “Mereka profesional dan transparan dalam pengelolaannya,” ujar HM. Munawir, sambil menunjukan hasil audit Lazismu. (riz)

Baca Juga:   Diskusi Onlie IMM STIT Muhammadiyah Bojonegoro Bersama Ketua Pemuda Asia-Afrika