Pesan Haedar Nashir dalam Milad ‘Aisyiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir mengucapkan selamat milad kepada ‘Aisyiyah yang ke-103 Masehi atau 106 Hijriah yang jatuh pada 19 Mei 2020 besok. Hal ini disampaikannya melalui video yang disiarkan dalam acara live streaming Pidato Milad ‘Aisyiyah ke 103 Masehi pada Senin, (18/05).

Dalam pidatonya, Haedar Nashir mengutarakan bahwa “‘Aisyah dalam rentang perjalanan sejarahnya ‘Aisyiyah telah menorehkan tiga jejak-jejak emas” ungkap Haedar.

Yang pertama, tutur Haedar, ‘Aisyiyah telah menjadi gerakan perempuan pertama yang membawa pada kemajuan umat Islam, khususnya perempuan muslim di Indonesia, dari ketertinggalan menjadi perempuan berkemajuan. Kemudian yang kedua, ‘Aisyiyah telah memelopori pergerakan  perempuan Indonesia untuk bangkit menjadi perempuan dan bangsa yang merdeka, dengan memelopori Kongres Perempuan pertama pada tahun 1928. Yang kedua, Haedar menambahkan, ‘Aisyiyah dengan gerak keagamaan dan sosial kemasyarakatannya telah menggoreskan perubahan sosial yang membawa perubahan pada perempuan dan bangsa Indonesia.

Dalam pidatonya, Haedar juga berharap, di usia yang ke 103 tahun ini ‘Aisyiyah bisa melangkah ke depan dengan tiga strategi yang merupakan agenda seluruh pimpinan ‘Aisyiyah dari pusat hingga bawah.

Pertama, jadilah gerakan perempuan Muhammadiyah yang membawa misi Islam berkemajuan. Bangun perspektif keislaman yang bayani, burhani, dan irfani dengan pendekatan yang wasathiyah, untuk menghadirkan paradigma gerakan perempuan Indonesia yang berkemajuan. “Tidak terjebak pada kutub ekstrem tapi menampilkan Islam wasathiyah berkemajuan” ujarnya.

Kedua, hadirkan berbagai keunggulan ‘Aisyiyah dan amal usahanya sebagaimana yang telah dirintis, termasuk di dalam Perguruan Tinggi ‘Aisyiyah, yang membanggakan dan menjadi marwah kemajuan ‘Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Selanjutnya yang ketiga, tambah Haedar, ‘Aisyiyah diharapkan bisa hadirkan transformasi sosial baru yakni gerakan praksis sosial multi-aspek termasuk dalam hal ini gerakan komunitas. Hadirkan ta’awun sosial di saat bangsa ini sedang mengalami pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia.

Baca Juga:   SMK Muhammadiyah 2 Muntilan Sekolah Pusat Keunggulan

Dalam acara live streaming Pidato Milad ‘Aisyiyah ke 103 M/ 106 H ini juga menyiarkan ucapan selamat dari berbagai kalangan seperti dari Duta Besar Indonesia untuk Lebanon yaitu Hajriyanto Y Thohari, Anggota DPD RI Dapil DIY Muhammad Afnan Hadikusumo, kemudian Dyah Puspitarini yaitu Ketua Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiyah. Terakhir, ucapan selamat juga diberikan dari Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah yaitu Cak Nanto dan dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Muhammadiyah yaitu Hafiz Syaatuurahman. (ran)