MCCC Deli Serdang Cegah Meluasnya Covid-19 lewat Edukasi

Dok Syaiful Hadi/SM

LUBUK PAKAM, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kabupaten Deli Serdang menerjunkan relawannya dalam kampanye edukasi pencegahan covid-19 di Kecamatan Tanjung Morawa.

Kampanye pencegahan ini dilakukan selain untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya bahaya Covid-19 juga sekaligus mengedukasi masyarakat bagaimana cara yang dilakukan agar terhindar dari covid-19.

Dalam kampanye pencegahan ini turut dibagikan flayer, brosur dan poster berisi panduan pencegahan covid-19 serta pembagian masker kain untuk warga secara geratis. Kampanye juga dilakukan menggunakan pengeras suara dengan mobil penerangan keliling.

Sebelumnya, Ketua PDPM Deli Serdang yang juga Sekretaris MCCC, Roo Alvin melakukan breafing kepada relawan sebelum kampanye dilakukan. Rio menekankan kepada relawan agar setiap relawan yang turun untuk melakukan kampanye juga memperhatikan keselamatan diri masing-masing. Relawan, selalu pakai masker dan mencucui tangan setelah melakukan edukasi kepada warga serta menjaga jarak aman saat melakukan kampanye kepada warga.

Kata Rio, yang tidak kalah penting agar ketika mengedukasi warga dilakukan dengan jelas dan penyampaian bahasa yang gampang dimengerti warga agar pesan-pesan pencegahan dapat di terima warga dengan baik

Kecamatan Tanjung Morawa dipilih oleh MCCC Deli Serdang sebagai salah satu target kampanye karena di kecamatan ini jumlah positif covid nya cukup banyak untuk kabupaten Deli Serdang. Tercatat 7 pasien positif PCR, 2 PDP dan 2 korban meninggal.

Sedangkan Kabupaten Deli Serdang sudah ditetapkan oleh Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Utara sebagai zona merah penyebaran covid dengan jumlah PDP 20 orang, positif PCR dalam perawatan 30 orang, korban meninggal sebanyak 8 orang dan pasien sembuh sebanyak 9 orang.

Kampanye pencegahan covid-19 ini akan terus dilakukan oleh MCCC Deli Serdang dibeberapa kecamatan sebagai bentuk wujud dukungan kepada Muhammadiyah yang menolak untuk berdamai dengan corona. (Syaifulh/Riz)

Baca Juga:   Membangun Peradaban Bangsa Bersama IMM yang Berkarya Nyata