UMS Kembali Menjadi Kampus Swasta Terbaik di Indonesia

UMS
Arena Muktmar 2020 Gedung Edutorium Dok UMS

SURAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Berdasarkan lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional, UniRank menempatkan UMS pada posisi pertama PTS terbaik nasional serta berada diurutan ke-11 dari seluruh universitas di Indonesia.

Pada tahun 2019 lalu, UMS menempati nomor wahid dalam penilaian yang sama dan naik satu peringkat dari urutan ke-12 untuk kampus negeri-swasta di Indonesia.

UniRank merupakan lembaga yang melakukan penilaian berdasarkan kepopuleran situs yang dimiliki oleh 13.600 perguruan tinggi di seluruh dunia yang telah terakreditasi dan tersebar di 200 negara.

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif, MSi mengungkapkan prestasi yang diraih UMS selama ini merupakan bukti bahwa perguruan tinggi ini benar-benar dikelola dengan tata kelola yang baik dan profesional serta dengan kesungguhan yang luar biasa. Prestasi itu juga sebagai balasan atas kepercayaan masyarakat terhadap UMS.

“Ini pencapaian yang baik bagi UMS. UniRank memeringkat 573 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan UMS masuk 11 besar bersama perguruan tinggi negeri berpengaruh di tanah air. Untuk perguruan tinggsi swasta, UMS masih menjadi PTS terbaik di Indonesia,” ungkapnya, Senin (1/6).

“Pencapaian ini akan kami jadikan sebagai penyemangat untuk terus menjadikan UMS sebagai perguruan tinggi yang berkualitas, baik dari segi akademik maupun non akademik,” tambah Sofyan Anif.

Tidak seperti lembaga pemeringkat perguruan tinggi lain yang menggunakan pendekatan akademik dalam memberi penilaian. UniRank secara unik dan berbeda melakukan penilaian terhadap prestasi perguruan tinggi melalui kepopuleran situs website masing-masing kampus berdasarkan traffic, kualitas situs, dan validitas isinya.
 
Selain itu, di level Asia UMS berada diurutan ke-131 dari 200 Peguruan Tinggi Negeri maupun Swasta. UMS berhasil naik 26 tingkat yang sebelumnya menempati posisi ke-157 se-Asia. Di urutan berikutnya ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berada diposisi ke-165. Posisi ini membuat UMS disebut sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia. (diko)

Baca Juga:   Dokter Gigi Lulusan Muhammadiyah Miliki Nilai Plus