31 C
Yogyakarta
Selasa, Juli 7, 2020

Kolaborasi MCCC – Aisyiyah Deli Serdang Edukasi Lansia Pencegahan Covid-19

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Ta’awun Sosial PRA Wirobrajan Berbagi Sesama

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Pimpinan Ranting ‘Aisyiyah Wirobrajan mengajak masyarakat untuk Sedekah Jariyah Peduli Covid-19 dengan cara yang unik. Bertajuk “Ihlas Berbagi...

Webinar IMM STIT Muhammadiyah Bojonegoro Bahas Arah Pendidikan di Masa Pandemi

BOJONEGORO, Suara Muhammadiyah - Menyikapi Arah Pendidikan dan Isu Reshuffle Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan STIT Muhammadiyah Bojonegoro gelar Webinar Nasional....

Haedar Nashir: Umat Islam Harus Paham Sejarah dan Menjaga Moderasi Pancasila

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila menuai polemik. Pimpinan Pusat Muhammadiyah berpendapat bahwa RUU HIP tidak terlalu...

Guru SD MI Muhammadiyah Kenteng Trainer Software Berbasis Komputasi Awan

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah - Microsoft 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office....

Raker SD Muhammadiyah 2 Kota Langsa, Seralaraskan Visi Misi

KOTA LANGSA, Suara Muhammadiyah - SD Muhammadiyah 2 Kota Langsa terus bersiap memasuki tahun ajaran baru 2020 – 2021.  Diawali Rapat Kerja...
- Advertisement -

LUBUK PAKAM, Suara Muhammadiyah – Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Deli Serdang bersama MCCC Kabupaten Deli Serdang melaksanakan edukasi pencegahan Covid-19 kepada para Lansia binaan Majelis Kesehatan PDA Deli Serdang.

Edukasi kepada 20 Lansia berlangsung di Komplek Amal Usaha Muhammaditah, Jl. Kartini Lubuk Pakam. Kegiatan dibatasi untuk menerapkan protokol kesehatan dan menghindari keramaian.

Penyebaran Wabah Covid19 masih sangat mencemaskan. Saat ini, status zona merah terus bertambah. Lima daerah yang dinyatakan sebagai kawasan zona merah di Sumut adalah, Medan, Deli Serdang, Binjai, Simalungun dan Pematang Siantar.

Demikian juga data di tanah air yang belum menunjukkan penurunan kasus, bahkan melihat grafik nya terjadi peningkatan kasus postif. Kebijakan pemerintah untuk melonggarkan PSBB dan peryataan bahwa masyarakat saat ini harus berdamai dengan Covid-19 disusul degan New Normal, merupakan tindakan maupun keputusan yang kurang tepat.

Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah menolak berdamai dengan corona. Untuk itu perlu dilakukan kampanye bersama lawan Corona. Oleh karenanya, Majelis Kesehatan PDA Deli Serdang bersama MCCC Kabupatena Deli Serdang memberikan edukasi pencegahan Covid-19 untuk para Lansia di lingkungan Kabupaten Deli Serdang.

Rio Alvin Kurniawan, Sekretaris MCCC Kabupaten Deli Serdang menyampaikan dalam edukasi pencegahan penularan Covid-19 ini bahwa warga lansia adalah warga dengan resiko tinggi terhadap penularan virus Covid-19, selain karena immunitas tubuh yang mulai menurun karena usia.

Beberapa warga lansia juga ada yang memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes, jantung dan lain-lain sehingga resiko tertular menjadi lebih tinggi dibanding warga biasa.

Diharapkan bagi warga lansia agar dapat menjaga kesehatan dengan tertib menggunakan masker apabila keluar rumah, sesering mungkin mencuci tangan, menghindari keramaian dan menjaga jarak.

Di akhir kampanye, Rio Alfin Kurniawan mencontohkan cara mencuci tangan dengan baik dan benar serta membagikan masker kepada warga lansia.

Pada kesempatan yang sama koordinator Bidang Majelis Kesehatan PDA Deli Serdang, Asiyah Km.Spd, menghimbau kepada warga lansia agar sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah, dan keluar rumah untuk hal yang penting saja serta membiasakan makan dengan makanan yang di masak sendiri oleh keluarga dan untuk meningkatkan imun tubuh diusahakan untuk bisa berjemur di pagi hari jam 10 .00 sekitar 5-10 menit.

Ketua PDA Deli Serdang Yenny Darmawan mengucapkan terima kasih kepada MCCC Kabupaten Deli Serdang atas kerja sama dalam pelaksanaan kegiatan ini. Gerakan kampaye ini merupakan kerja sama yang kedua yang sebelumnya telah disalurkan paket sembako kepada warga lansia Binaan Majelis Kesehatan PDA Deli Serdang.

Yenni meminta, mari bersama kita terus berdoa agar Pandemi Covid-19 ini segera hilang dari bumi yang kita cintai ini sehingga kita semua bisa kembali beraktivitas secara normal. (Syaifulh/Riz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

More articles