Angkatan Muda Muhammadiyah

Angkatan Muda Muhammadiyah atau yang sering disebut dengan AMM adalah sebuah wadah forum komunikasi dari beberapa organisasi otonom (Ortom) yang ada di Muhammadiyah. Angkatan Muda Muhammadiyah yang dimaksud terdiri dari Nasyiatul Aisyiyah (NA), Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).

Masing-masing Ortom itu mempunyai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sendiri, serta mempunyai program sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Nasyiatul Aisyiyah (NA) adalah, organisasi otonom dan kader Muhammadiyah, yang merupakan gerakan putri Islam, bergerak di bidang keagamaan,kemasyarakatan dan keputrian. Maksud gerakan putri Islam ialah menggerakkan putri-putri Islam untuk memahami dan mengamalkan ajaran Islam, serta mengajak dan mengarahkan orang lain sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah, menuju terbentuknya putri Islam yang berakhlak mulia.

Pemuda Muhammadiyah (PM). Oleh Persyarikatan Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah diberi tugas, di antaranya: Menanamkan kesadaran dan pentingnya peranan putra-putri Muhammadiyah sebagai pelangsung gerakan Muhammadiyah serta kesadaran organisasi; Mendorong terbentuknya organisasi/gerakan pemuda sebagai tempat bagi putra-putri Muhammadiyah yang berdiri sendiri dalam pengayoman Muhammadiyah yang berbentuk pengkhususan dan memberi bantuan bimbingan dan pengayoman kepada organisasi-organisasi tersebut serta menjadi penghubung aktif secara timbal balik.

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM). Sebagai organisasi otonom Muhammadiyah IMM merupakan gerakan mahasiswa Islam yang bergerak di bidang keagamaan,kemasyarakatan dan kemahasiswaan, memiliki fungsi di antaranya; sebagai organisasi kader, senantiasa berupaya melakukan proses untuk mengaktualisasikan dan mengembangkan potensi manusiawi anggota ikatan sesuai dengan fitrah yang diberikan Allah SwT, yakni sebagai kader Persyarikatan, umat dan bangsa; sebagai organisasi dakwah, senantiasa berupaya untuk menginternalkan dan mensosialisasikan agama Islam ke dalam segenap dimensi kehidupan, menyadarkan dan meyakinkan anggotanya bahwa ia berada dalam kaitan dari tanggungjawab sebagai khalifatullah fil ardli, pengemban misi Robbani; dan sebagai eksponen mahasiswa Islam dalam Muhammadiyah, IMM merupakan bagian dari mata rantai perjuangan dan gerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang berada dalam Muhammadiyah yang berusaha memadukan kompetensi akidah dan intelektual.

Baca Juga:   Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah

Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). IPM ini basis massa dan fokus gerakannya yaitu membela kaum pelajar dan memperjuangkan pendidikan yang lebih baik, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. IPM memperjuangkan hakekat pendidikan yang sesungguhnya, yang dapat menghasilkan “Insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif”, sesuai dengan visi pendidikan nasional. IPM melakukan proses penyadaran terhadap pelajar akan peran serta fungsi pelajar sebagai obyek maupun subyek dari proses pembelajaran dan perubahan. Serta melakukan proses pemberdayaan dan pembelaan terhadap pelajar yang selama ini selalu saja dijadikan sebagai obyek dari sistem yang tidak mencerdaskan. Visi IPM telah dicanangkan dalam rangka mewujudkan “Pelajar Muslim yang berilmu, berakhlak mulia dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam, sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya”.

Angkatan Muda Muhammadiyah memiliki semboyan Fastabiqul Khairat (berlomba-lomba dalam kebaikan) dan P3AUM (Pelopor, Pelangsung dan Penyempurna Amal Usaha Muhammadiyah). (IM)

Sumber: Majalah SM No 7 Tahun 2019