Webinar Internasional Covid-19 Fikes UMP dan NCKU Taiwan

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan web seminar internasional mengenai COVID-19 dengan tajuk “Learning from Taiwan: Taiwan Fight Against Covid-19 Viewed from Nursing Perspective” melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming di kanal youtube.

Dekan Fikes UMP Umi Sholihah berharap kegiatan ini menjadi media informasi bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan wabah COVID-19 dari perspektif ilmu kesehatan masyarakat.

“Kegiatan International Webinar Conference ini merupakan output dari jalinan kerjasama internasional antara Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan sejak 2016,” kata Umi dalam keterangannya di Purwokerto, Senin (8/6).

Hadir sebagai pemateri adalah pakar perawat sekaligus profesor di Departemen of Nursing, College of Medicine Prof., Nai-Ying, Ko., PhD., RN. Prof. Ko yang berperan sebagai advisor utama di Ministry of Health and Welfare, Taiwan Center of Disease Conrol dan Ministry of Education on HIV/AIDS issues telah memiliki pengalaman mengajar internasional di perawatan HIV di China, Kenya serta Myanmar dan banyak hibah yang telah beliau terima.

Dijelaskan, Learning from Taiwan: Taiwan Fight Against Covid-19 Viewed from Nursing Perspective ini tidak hanya dihadiri oleh dosen, staf dan mahasiswa Prodi Keperawatan FIKES UMP tetapi juga dihadiri para perawat se wilayah Indonesia serta NCKU.

Turut serta mengundang Asian Pasific Alliance of Nursing Education (APANE) yang merupakan asosiasi perawat seluruh wilayah Asia dan Pasific dan Fakultas Kesehatan UMP telah bergabung menjadi member di APANE serta dihadiri secara online oleh Taiwan Association of Nursing Education (TANE) yang merupakan asosiasi perawat di Taiwan.

 “Selain mengundang Prof Ko untuk mengupas tuntas pengalaman beliau dalam menanggulangi Covid 19 di Taiwan, bentuk kerjasama yang dilakukan oleh FIKES UMP dengan NCKU Taiwan yaitu dengan mengadakan seleksi beasiswa untuk melanjutkan study bagi dosen dan staf FIKES UMP,” jelasnya.

Baca Juga:   Mengenang Mas Anjar Nugroho

Terdapat 9 orang staf asisten dosen yang telah lolos berkas untuk mengikuti wawancara dan 2 orang dosen melanjutkan S3 pada NCKU Taiwan. Seleksi yang diadakan oleh NCKU Taiwan ini dilaksanakan pada hari Rabu tgl 10 Juni 2020 jam 13.00 mendatang.

 “Hal ini merupakan suatu peluang bagi civitas UMP khususnya Prodi Keperawatan FIKES untuk melanjutkan study dengan support beasiswa dari NCKU. NCKU merupakan universitas negeri di Taiwan yang menempati peringkat ke 225 versi Quacquarell Symonds dari 500 universitas negeri se dunia dan peringkat tersebut dilaunching pada tanggal 19 Juni 2019. NCKU Taiwan juga dinobatkan sebagai universitas terbaik peringkat ke 77 se Asia Pasific berdasarkan reportase dari Times Higher Education yang diumumkan pada tanggal 28 Juni 2018 terhadap analisa sejumlah 38 negara yang berada di kawasan Asia Timur, Asia Tenggara dan Pasifik, kemudian mengumumkan 250 universitas terbaik dari 13 negara yang berhasil memperoleh peringkat,” paparnya.

Acara “International Webinar Conference” ini terselenggara dengan mendapatkan support dari Prodi DIII Keperawatan serta tim International Affair FIKES UMP.

Kepala Prodi DIII Keperawatan UMP, Ns, Endiyono,M.Kep, dalam rangka akreditasi DIII Keperawatan berbagai kegiatan yang harus dilaksanakan mengacu kepada kerjasama yang telah terjalin tidak hanya dalam bentuk MOU saja tetapi lebih mengarah ke bentuk nyata dari keberlanjutan dari MOU yang telah disepakati kedua belah pihak.

 “Prodi Keperawatan telah menjalin berbagai kerjasama mulai dalam negeri sampai dengan internasional dan harapan ke depan bisa diselenggarakan kembali acara yang sama,” pungkasnya. (dev/tgr)