Djohar Arifin: Perkembangan UMSU Kini Sangat Pesat

Foto Dok Syaiful Hadi/SM

MEDAN, Suara Muhammadiyah – Anggota Komisi X DPR RI Prof Djohar Arifin Husin takjub dan bangga dengan perkembangan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang sangat pesat baik dari segi akademik dan segi infrastruktur.

Djohar Arifin berkunjung ke UMSU dan melihat langsung proses pembangunan gedung untuk Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi UMSU didampingi oleh Rektor UMSU Dr Agussani MAP, sejumlah Tokoh Melayu dan pendidikan diantaranya, Dr H Sakhyan Asmara, MSP, mantan Deputi Menteri Pemuda Olahraga, Sekertaris Kopertais Wilayah IX, Dr Ansari Yamamah, MA, Prof Subhilhar, MA, PhD, Prof, Dr Khairil Ansari, Wakil Rektor II, Dr Akrim, SPdI, MPd dan Sekertaris Universitas, Gunawan, SPdI, MTH dan Direktur Pascasarjana, Dr Syaiful Bahri, MM. Selasa (9/6).

“Kedatangan saya adalah untuk menyaksikan langsung bagaimana pembangunan Gedung baru UMSU dan meninjau langsung kesiapan UMSU dalam menghadapi new normal”, ujar Djohar Arifin.

Djohar Arifin menambahkan, UMSU saat ini berada di level atas Perguruan tinggi di Indonesia dan kedepannya UMSU harus bisa mencapai ke level ASEAN sehingga lulusan UMSU nantinya diakui di kawasan ASEAN.

Selain itu, Komisi X DPR RI yang membidangi masalah pendidikan juga tidak akan membiarkan UMSU jalan sendiri dan sudah beberapa kali UMSU dilibatkan dalam rapat di komisi X, baik rapat di Jakarta kemarin (sebelum masa pandemi covid-19) baik melalui rapat virtual akhir akhir ini.

“Fakultas Kedokteran UMSU juga sudah mendapatkan akreditasi A, sehingga kita berharap UMSU harus bisa mempertahankan dan meningkatkan kualitasnya”, ujar mantan ketua PSSI tersebut.

Pembangunan Gedung Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi

Sementara itu, Rektor UMSU Dr Agussani MAP mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Komisi X DPR RI dan Kopertais Wilayah IX serta tokoh masyarakat dalam rangka memberikan motivasi dan dukungan kepada UMSU.

Baca Juga:   Bahtiar Effendy: Jangan Biarkan Myanmar Menjadi Duri Bagi ASEAN

Rektor UMSU dalam sambutannya menyebutkan bahwa Gedung Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, dibangun diatas lahan dengan luas 100.045 meter persegi dengan luas bangunan dasar 736 meter persegi dan dengan ketinggi 25,5 meter dan dibangun diatas pondasi seberat 400 Ton.

Dr Agussani menambahkan, nantinya digedung tersebut akan dibangun sebanyak 16 ruangan kantor, 36 ruangan kelas dan 1 skyview diruang rapat terbuka di lantai 7 dan dalam perencanaan, gedung ini tahan selama 210 tahun.

Dalam kesempatan tersebut , Dr Sakhyan Asmara MSP yang juga ikut meninjau pembangunan mengaku bangga atas perkembangan UMSU.

“Saya melihat UMSU begitu pesat dan itu dapat dilihat dari rangking baik yang dirilis oleh LLDIKTI ataupun yang dirilis oleh Pusat pemeringkatan lain seperti 4icu dan webometrics” ujarnya.

Sakhyan juga menambahkan, UMSU kini sudah semakin melesat dan akreditasinya pun sudah A, ini merupakan sebuah prestasi untuk Rektor UMSU Dr Agussani, MAP. (Syaifulh/Riz)