Dikdasmen GKB Gelar Webinar Layanan Pendidikan New Normal

Gresik, Suara Muhamamdiyah – Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Cabang Muhammadiyah GKB Gresik Jawa Timur menyelenggarakan Webinar Persiapan Layanan Pendidikan New Normal dari perspektif kesehatan, sistem dan kebijakan, Sabtu (6/6/2020).

Nanang Sutedja SE MM selaku ketua Majelis Dikdasmen menyampaikan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini agar sekolah-sekolah Muhamamdiyah memiliki kesiapan dalam menyongsong era new normal (new reality) khususnya dalam menghadapi tantangan pendidikan di masa mendatang. Menurutnya, masa pandemi Covid 19 ini menghadirkan tantangan perubahan yang membutuhkan langkah-langkah adaptasi yang tinggi dan cepat.

“Pandemi Covid 19 yang melanda seluruh dunia ini membutuhkan respon cepat, wawasan, ilmu dan keterampilan baru,” terangnya.

Oleh karena, pada web seminar yang diikuti oleh 525 participan dari berbagai sekolah Muhammadiyah di Jawa Timur dan sekitarnya, termasuk Lampung. Nanang mengajak semua sekolah Muhamamdiyah terus mengupdate dan mengupgrade wawasan dalam mempersiapkan layanan pendidikan di masa Pandemi ini baik melalui daring ataupun luring. Termasuk apabila pemerintah mulai memberlakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.

Magister Managemen Universitas Airlangga Surabya ini juga mengpresiasi sekolah-sekolah Muhamamdiyah yang telah mengembangkan pembelajaran secara online sejak kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) di berlakukan sejak tanggal 16 Maret 2020 lalu.

Pada Opening speach webinar, Nanang mengatakan pentingnya mengkolaborasikan dan mensinergikan berbagai Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dalam menyongsong pendidikan masa pandemi atau masa new normal (reality) nantinya. Salah satunya bersama dengan bidang kesehatan dam fungsi-fungsi lainnya di persyarikatan Muhammadiyah.

“Sekolah Muhamamdiyah tidak bisa secara individu merespon persoalan dan perubahan saat ini sendiri. Namun harus mementingkan kolaborasi dan sinergi riil antara amal saha persyarikatan Muhamamdiyah yang ada dan juga diluar persyarikatan Muhammadiyah,” tuturnya.

Pada Webinar ini menghadirkan tiga narasumber. Ketua Majelis Dikdasmen PWM Jawa Timur Dra Arbaiyah Yusuf MA, Direktur Rumah Sakit Muhamamdiyah Gresik dr Imam Suyuthi Sp.An dan Walil Rektor Universitas Brawijaya Malang Prof Dr Ir Moch Sasmito Djati MS.

Baca Juga:   Berkas Ahok Sudah P21 Segera Diadili

Pada akhir Sambutanya, Nanang berharap Webinar kali dapat memberikan pengetahuan secara komprehensif melihat dari perspektif kesehatan, sistem dan kebijakan dalam mempersiapakan sekolah Muhammadiyah dalam menyongsong era new reality.

Saat ini Majelis Dikdasmen PCM GKB menyelenggarakan empat Sekolah yaitu SD Muhammadiyah 1 GKB, SD Muhammadiyah 2 GKB, SMP Muhammadiyah 12 GKB Gresik dan SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik serta 21 Sekolah Mitra Muhammadiyah GKB di Kabupaten Gresik. (Anis Shofatun)