Kasi Pontren & Kabid MGTK Bicara Ujian Online Ponpes Darul Arqam

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Alhamdulillah bersyukur kepada Allah SWT Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar ditengah pandemi Covid-19 hari ini dapat melaksanakan Semester Genap lewat daring bagi santri MA-SMK-MTs-SMP  setelah sehari sebelumnya melaksanakan kegiatan Syawalan 1441 H. Dari kegiatan ini melakukan komunikasi melalui WhatsApp pribadi kepada pejabat terkait di pemerintahan dan pimpinan persyarikatan Muhammadiyah, Rabu (16/6).

Kepala Seksi Pendidikan Diniah dan Pontren Kementerian Agama Kota Makassar Afdal, S.Ag. MM. misalnya sangat mengapresiasi terobosan yang dilakukan Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar. Melaksanakan ujian semester genap tahun pelajaran 2019-2020 secara online. Hal ini disampaikan saat dihubungi

“Saya sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pesantren ini dengan melakukan ujian online dalam pelaksanaan semester genap 2019-2020. Hal ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian pesantren untuk dalam mengatisipasi penyebaran Covid-19 di kalangan santri. Adanya musibah ini merubah tatanan kehidupan santri. Bukan hanya harus tinggal dan belajar di rumah saja, tapi juga dituntut untuk mengikuti ujian secara Daring”.

Lebih lanjut, Afdal mengungkapkan ke depan santri tidak hanya metode Iqra secara sempit yang dilakukan, tetapi Iqra secara luas dengan melakukan browsing di internet yang dapat menambah wawasan dan keilmuan.  Kasi Pontren berharap bahwa apa yang dilakukan pesantren ini dapat diikuti 35 pesantren di Kota ini. Sehingga ada keselarasan dan keseragaman metode.

Sementara itu, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Makassar, DR. Pantja Nur Wahidin, M.Pd. mengungkapkan bahwa Ujian online yang sedang berlangsung ini bukan hanya sekedar ingin memperoleh nilai. Tapi kata DR. Pantja yang juga Sekretaris Majelis Dikdasmen PWM Sul-Sel harapan yang paling besar adalah siswa tetap semangat belajar walaupun dari rumah dan dan bersikap jujur dalam setiap tindakan termasuk saat ujian ini, tandasnya.

Baca Juga:   Inilah Tausyiah Kebangsaan Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia

Alhamdulillah terima kasih telah melaksanakan ujian online ditengah pandemi Covid-19 ungkap Ketua Majleis Dikdasmen PWM Sul-Sel,  Drs. H. Tamrin Taha, M.Pd. Lanjutnya, kita berharap pelaksanaan ujian tetap berjalan dengan baik sekalipun dalam keterbatasan selama pandemi ini. Program ini adalah harapan Majelis Dikdasmen baik pusat dan wilayah untuk tetap melaksanakan evaluasi hasil belajar siswa selama satu semester ini, ujar Ustad Tamrin.

DR. H. Muhlis, MM. Ketua di Pesantren mengaku bahwa ujian lewat online adalah terkendala pengawasan sehingga obyektivitas penilaian dalam mengukur kemampuan anak tidak murni 100%, apalagi adaki temanx Om Geogle, tapi satu sisi baiknya, Tegas H. Muhlis santri sudah punya keterampilan dalam IT lewat komputer dan HP. (Riz)