UMS dan UMY Masuk 200 Besar Kampus Terbaik Asia

UMS
Arena Muktmar 2020 Gedung Edutorium Dok UMS

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) masuk 200 besar peringkat Kampus terbaik se-Asia. Penilaian ini berdasarkan lembaga hasil perangkingan perguruan tinggi internasional yaitu 4 International Colleges and Universities (4ICU) atau UniRank “Top 200 Universities in Asia 2020 Asian University Ranking”.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga merilis 18 perguruan tinggi Indonesia dalam 200 kampus terbaik di Asia dari 4ICU. Lima besar negara di Asia yang mendominasi dalam 200 peringkat tersebut yaitu Tiongkok dengan 91 perguruan tinggi, Indonesia 18, Jepang 15, India 9 dan Taiwan 9.

Kriteria penilaian dari 4icu.org yaitu di antaranya, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut. Kedua, perguruan tinggi yang menyediakan program pendidikan dari sarjana, magister hingga doktoral. Penilaian lainnya berdasarkan algoritma lima metrik web sepertil Alexa Global Rank, Moz Domain Authority, SimilarWeb Global Rank, Majestic Trust Flow dan Majestic Referring Domains.

Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif mengungkapkan prestasi yang diraih UMS selama ini merupakan bukti bahwa perguruan tinggi ini dikelola dengan baik dan profesional serta dengan kesungguhan yang luar biasa. Prestasi itu juga sebagai balasan atas kepercayaan masyarakat terhadap UMS.

Sementara itu Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto, M.P, IPM mengatakan bahwa salah satu indikator yang mendorong peringkat UMY yaitu adanya sistem perkuliahan daring. “Hal ini yang menjadi salah satu indikator UMY masuk dalam 200 besar kampus terbaik Asia menurut UniRank,“ tutur Gunawan, Selasa (16/6).

Berikut daftar kampus Indonesia yang masuk 200 besar peringkat se-Asia

18. Universitas Gadjah Mada (UGM)

24. Universitas Indonesia (UI)

Baca Juga:   Ketua Umum PP Muhammadiyah Buka Rakornas Lembaga Pesantren Muhammadiyah

29. Universitas Pendidikan Indonesia

59. Universitas Diponegoro (Undip)

66. Universitas Brawijaya

72. Universitas Negeri Yogyakarta

90. Universitas Lampung

98. Universitas Airlangga

107. Institut Pertanian Bogor (IPB)

120. Universitas Negeri Semarang

131. Universitas Muhammadiyah Surakarta

152. Institut Teknologi Bandung (ITB)

154. Universitas Negeri Malang

160. Universitas Sumatera Utara

165. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

187. Universitas Bina Nusantara

191. Universitas Telkom

197. Institut Teknologi Sepuluh November

(Riz)