Sekolah Kebangsaan Membumikan Pancasila PPKN UAD Miliki Peran Sentral

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Prodi PPKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggelar Sekolah Kebangsaan Membumikan Pancasila. Agenda yang digelar secara daring ini mendapatkan respon yang sangat baik.

“Sekolah Kebangsaan ini, secara nama sangat luar biasa. Memberikan apresiasi yang cukup luar biasa karena nama kegiatannya sangat mungkin untuk berkelanjutan. Sehingga saya amat berterima kasih atas kegiatan oleh bapak ibu di lingkungan PPKN UAD,” ungkap
Wakil Dekan FKIP UAD Dody Hartanto, Sabtu (13/6).

Menurutnya terkait Membumikan Pancasila sangat relevan dengan suasana bangsa saat ini. Dimana RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) menjadi sorotan khalayak. Di sinilah kontribusi PPKN UAD menjadi sangat sentral.

“Prodi PPKN merupakan salah satu Prodi terbaik di Fakultas kami,” imbuh Dody.

Kaprodi PPKN UAD Dikdik Baehaqi Arif mengungkapkan peserta Sekolah Kebangsaan Membumikan Pancasila terdaftar sebanyak 480 peserta. Terdiri dari kalangan mahasiswa, guru, dosen, dan profesional lainnya dari seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Sekolah Kebangsaan Seri 1 membahas Filosofi Pancasila, Nilai-nilai Pancasila di Era Globalisasi, Negara Pancasila sebagai Darul Ahdi Wa Syahadah. Dengan Narasumber Dr Sumaryati, MHum, Dra Triwahyuningsih, MHum, dan Dikdik Baehaqi Arif, MPd.

Sekolah Kebangsaan Seri 2 tentang Membelajarkan Pancasila dalam Lingkungan Pendidikan Dasar dan Menengah serta Membelajarkan Pancasila dalam Lingkungan Perguruan Tinggi. Dengan narasumber Syifa Siti Aulia, MPd dan Trisna Sukmayadi, MPd.

Sedangkan pembahasan Sekolah Kebangsaan Seri 3 yaitu tentang Membelajarkan dan Mengimplementasikan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Masyarakat serta Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan keluarga. Bersama narasumber Drs Supriyadi, MSi dan Drs Susena, MM. (Riz)

Saksikan tayangan ulang Sekolah Kebangsaan Membumikan Pancasila

Baca Juga:   Muhammadiyah telah Praktekkan Kehidupan Berpancasila