Bersama Saling Menguatkan Menjadi Juara Lomba Video Cabang dan Ranting Menghadang Corona

Pada kesempatan pertama Corona menyapa Indonesia untuk, Muhammadiyah langsung bergerak  mengantisipasinya. Mulai dari pembentukan MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) dengan seperangkat program dan kegiatannya dari pusat  sampai daerah, penyusunan panduan muammalah dan ibadah bagi warga untuk mencegah penyebaran COVID-19, sampai aksi nyata para jamaah Muhammadiyah  untuk lingkungan sekitarnya. Semua itu telah dan terus dilakukan oleh Muhammadiyah. Dari sekedar penyemprotan desinfektan di fasilitas umum sampai penyediaan logistik untuk warga  yang terdampak.

Untuk menularkan sekaligus mendokumentasikan kreatifitas jamaah Muhammadiyah di Cabang dan Ranting yang bergerak di tengah masyarakat secara langsung, LPCR PP Muhammadiyah bersama MCCC PP Muhammadiyah mengadakan semacam lomba Video “Melawan Corona” dengan tema “Cabang dan Ranting Bersatu Menghadang Corona” yang merekam berbagai kegiatan tersebut.

(https://www.suaramuhammadiyah.id/2018/10/21/ini-dia-para-juara-lomba-video-dan-essay-lpcr-2018/)

Bagi LPCR, lomba video kali ini merupakan yang ketiga kalinya setelah yang pertama tahun 2018 tentang Profil Cabang dan Ranting, tahun 2019 tentang inspirasi gerakan berkemajuan dari Cabang dan Ranting.

(https://www.suaramuhammadiyah.id/2019/11/30/para-pemenang-lomba-film-cabang-ranting-muhammadiyah-2019/)

Menurut Wakil Ketua LPCR, Muhammad Jamaluddin Ahmad, yang menjadi anggota dewan juri selama tiga gelaran lomba video LPCR, kualitas dan kwantitas video yang dihasilkan selalu mengalami kenaikan. Lomba pertama menjaring 16 video, lomba kedua 22, dan lomba yang ketiga ini ada 53 video.  Kualitasnya juga semakin meningkat dan semakin terlihat digarap dengan serius. Walau untuk yang ketiga ini waktunya relatif agak mepet, namun secara kualitas dan kuantitas malah meningkat.

Dan yang lebih menggembirakan, sebaran video yang masuk ke panitia cukup mewakili Indonesia secara keseluruhan. Ada yang  dari Madura, Kalimantan, Bali, Jawa, Sumatera, juga Papua dan pulau lainnya di Nusantara.

Untuk tahun ini video yang berjudul “Bersama Saling Menguatkan”  yang merupakan karya Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tegalrejo Kota Yogyakarta, DIY oleh dewan juri dinobatkan sebagai juara pertama. Adapun hasil lengkap lomba tersebut adalah:

Baca Juga:   Haedar Nashir Lepas 53 Mahasiswa Magang dan KKN Internasional ke Thailand dan Kamboja

JUARA 1: “Bersama Saling Menguatkan” – PCM Tegalrejo Kota Yogyakarta DIY

JUARA 2: “Media Pasukan Terdepan Dakwah” – PCM Jatinom Klaten Jawa Tengah

JUARA 3: “Profitable Virus” – PRM Karangduak Sumenep Madura,  dan “Pandemi dan Sang Pencerah” – PCM Kuaro Paser Kalimantan Timur

JUARA FAVORIT: “Superdiro : Menembus Keterbatasan” – Muhammadiyah Cabang Ajibarang Banyumas Jawa Tengah

JUARA HARAPAN:  “Sela Lebaran #DiRumahAja” – PCM Sampang  Cilacap Jawa Tengah.

Muhamad Zulfi Ifani selaku penanggungjawab lomba, menerangkan bahwa untuk juara tiga memang ada dua pemenang, karena kedua film itu mempunyai nilai total yang sama. Oleh karena itu dewan juri dan pimpinan LCPR PP Muhammadiyah mengambil kebijakan menetapkan ada dua juara ketiga. Zulfi menerangkan bahwa untuk lomba kali ini juga melibatkan tim analisis digital. (mjr-8)