Heboh Covid-19 Jangan Lupakan Tuberculosis, Safari Tokoh ‘Aisyiyah Deli Serdang

Foto Dok Syaiful Hadi/SM

LUBUK PAKAM, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Aisyiyah Daerah Deli Serdang melakukan kunjungan silaturrahim kebeberapa tokoh di Kabupaten Deli Serdang. Kepada beberapa tokoh yang disambangi, PDA Deli Serdang dan tim TB Care terus mengkomunikasika persoalan lama yakni tuberculosis atau TBC yang pernah mewabah pada beberapa tahun lalu.

Ketua PDA Deli Serdang Yenni Dermawan didampingi Kepala program TBC Care  Taufik Hidayat dan Kepala SSR Ibu Hadiyawati,

PDA Deli Serdang mengingatkan satu kalimat motivasi, Jangan Abaikan Sikuman  Mycobacterium Tuberculosis Pada Badai Virus Corona. Artinya, walau Covid 19 sedang mewabah, jangan lupa penyakit TBC yang ancamannya juga adalah kematian.

Ketua PDA Deli Serdang Yenni Dermawan mengatakan,  kuman mycobacterium Tuberculosis yang di temukan oleh Dr.Robert Koch pada tahun 1882 mengakibatkan munculnya penyakit TBC  menyerang paru-paru. Penderita TBC akan menimbulkan gejala batuk selama lebih dari 3 minggu, biasanya berdahak dan terkadang mengeluarkan darah.

Penderita TBC dapat mengeluarkan sekitar 3000 percikan dahak (domplet) adalah Bapak Ibnu Hajar, S.Sos, Ketua PDM Deli Serdang yang telah  berkontriyang mengandung kuman TBC dan inilah yang menjadi penularan mengakibatkan kematian.  Jelas Yenni, sama halnya dengan dampak dari  virus Corona. Perbedaan yang mencolok terletak pada bantuan yang diberikan antara penderita TBC dan penderita yang disebabkan dampak virus Corona.

Tokoh masyarakat yang dikunjungi oleh PDA Kabupaten Deli Serdang yang selama ini berkontribusi dalam penanggulangan TBC  Pimpinan Yayasan Ar-Risalah  Muslim Maslan MA, di Tanjung Morawa. Ustadz Muslim mengapresiasi Aisyiyah yang terus memberi kontribusi pada persoalan kesehatan, khususnya TBC. Pimpinan Yayasan Ar.Risalah itu memberikan bantuan 40 paket sembako Lewat PDA Deli Serdang untuk didistribukan kepada yang berhak.

Silaturrahim dilanjutkan kepada Ketua PD Muhammadiyah Deli Serdang Ibu Hajar, S.Sos yang selama ini banyak mensupport gerakan TB Care Aisyiyah.

Baca Juga:   Peran TB Care-HIV ‘Aisyiyah Berlanjut Menjadi PESAT
Heboh Covid-19 Jangan Lupakan Tuberculosis, Safari Tokoh ‘Aisyiyah Deli Serdang
Foto Dok Syaiful Hadi/SM

Tokoh lainnya adalah Muhammad Syam Nasution (Uncle Sam), pengusaha muda yang bergerak diberbagai bidang dan mempunyai beberapa Resto. Beliau menerapkan konsep menyisihkan 2.5% dari  setiap transaksi tunai  konsumen yang di salurkan ke berbagai kegiatan sosial.

Uncle Sam adaah  julukan tokoh pengusaha muda ini dan pada silaturahim tersebut menyampaikan bahwa sebagai kader Muhammadiyah akan mendukung program sosial yang dilaksanakan oleh ‘Aisyiyah.

Muhammad Syam Nasution sangat prihatinan terhadap penularan TBC yang sebenarnya lebih dahsyat dari virus Corona, karena penderita TBC itu bisa menewaskan  11 orang dalam 1 jam, berarti dalam satu hari bisa 264 pasien TBC tidak dapat tertolong. Beliau berkomitmen siap berkontribusi dalam program PDA Deli Serdang untuk penanggulangan tuberkulosis seperti yang terulis dalam MoU.

Kunjungan tokoh lainnya adalah Hendra Cipta, pengurus DPW  PAN Sumut yang selalu peduli dengan kegiatan ‘Aisyiyah di Kabupaten Deli Serdang dan membantu terwujudnya Peraturan Daerah tentang TBC Kabupaten Deli Serdang.

TBC Care Aisyiyah Kabupaten Deli Serdang saat ini mendampingi 894 pasien TBC dari warga tidak mampu. Kader tersebut berada di 17 Kecamatan dan 23 Puskesmas Kabupaten Deli Serdang. (Syaifulh/Riz)