Perpisahan SD Muhammadiyah Girinyono yang Penuh Kesan

Foto Dok Solikhah/SM

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Girinyono melakukan kegiatan pengumuman kelulusan dan serah terima siswa-siswi kelas VI tahun ajaran 2019/2020, Senin,  15 Juni 2020. Acara ini dihadiri oleh bapak/ibu guru, komite, orang tua siswa, dan siswa-siswi kelas VI. Sebelum acara dimulai, para undangan menyaksikan video dokumenter tentang perjalanan anak-anak selama di SD Muhammadiyah Girinyono.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ananda Aya’ Risqi Farahmeswari. Kemudian acara dilanjutkan dengan kultum tentang Janji Pelajar Muhammadiyah oleh Tri Yunarto. Beliau menyampaikan bahwa janji itu bukan sekedar dihafalkan, namun juga dihayati dan diamalkan. Anak-anak yang sudah lulus dari SD Muhammadiyah Girinyono hendaknya tetap memegang janji tersebut.

Selanjutnya, acara pengumuman kelulusan disampaikan oleh Ibu Suwartini, S.Ag., M.Pd, selaku kepala sekolah. Pada tahun ajaran 2019/2020 ini, SD Muhammadiyah Girinyono meluluskan 12 orang siswa (lulus 100%). Satu per satu siswa dipanggil untuk menerima berkas berupa Surat Keterangan Lulus, Surat Keterangan Nilai Rapor, dan Buku Rapor. Pada kesempatan ini, Ibu Kepala Sekolah juga menyerahkan kembali siswa-siswi kelas VI kepada orang tua/wali. Beliau berpesan kepada siswa-siswi untuk terus menjaga nama baik sekolah di mana pun mereka berada.

Selain melakukan serah terima siswa-siswi kelas VI, pada kesempatan ini, sekolah juga menyampaikan 3 penghargaan. Penghargaan pertama diberikan oleh sekolah kepada 3 orang siswa dengan perolehan nilai raport terbaik. Adapun peringkat pertama diraih oleh ananda Wulan Syahwa Ramadanti (87.20), peringkat kedua diraih oleh ananda Rifqi Aulia Fairuzizuan (83.93), dan peringkat ketiga diraih oleh ananda Hasan Ridho (82.80). Penghargaan kedua disampaikan oleh ketua komite sekolah, Bapak Karmidi, kepada ananda Aya’ Risqi Farahmeswari atas prestasinya yang telah hafal juz 30. Sementara itu, penghargaan ketiga diberikan kepada tujuh orang siswa yang telah khatam Al Qur’an 30 juz. Penghargaan ini diberikan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo berupa piagam penghargaan dan medali.

Baca Juga:   Muhammadiyah Harus Menjadi Pelopor Relasi Sosial Baru

Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu Guruku Tersayang oleh siswa-siswi kelas VI. Selain itu, ada penyerahan kenang-kenangan sebagai wujud rasa terima kasih mereka kepada sekolah dan Bapak Bayu Bumantara, S.Pd., sebagai guru kelas VI.

Sungguh, ada rasa bangga tersendiri di hati para guru bisa mendampingi belajar anak didiknya hingga lulus. Meski perpisahan tahun ini diselenggarakan secara sederhana, namun kekhidmatan dan rasa bahagia tetap ada. Selamat kepada siswa-siswi kelas VI SD Muhammadiyah Girinyono dan terus semangat dalam menuntut ilmu. Ini bukan akhir dari perjalanan kalian, tapi ini adalah langkah awal untuk masa depan. (Solikhah)