30.6 C
Yogyakarta
Kamis, Oktober 1, 2020

MCCC Deli Serdang dan Ortom terus Genjot Edukasi Pencegahan Covid-19

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Menguji Kualitas Pilkada dengan Protokol Kesehatan, Apakah Cukup?

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Semenjak kasus pertama Covid-19 diumumkan oleh Presiden Joko Widodo pada awal bulan Maret 2020, banyak hal yang sebenarnya...

Berhasil Lampaui Target, LLHPB ‘Aisyiyah Persiapkan Keberlanjutan Program

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Menjelang pengakhiran program “Membangun Kelentingan Keluarga dan Komunitas dalam Menghadapi Masa Pandemi Covid-19”, LLHPB PP Aisyiyah mempersiapkan Exit...

Farmasi UMP Juara Nasional Karya Tulis Ilmiah

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Tim Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil meraih juarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI) BRM FMIPA...

Upaya UMMAT Gelar Wisuda di Masa Pandemi

MATARAM, Suara Muhammadiyah - Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) menggelar wisuda luring (langsung), untuk angkatan 48 dan 49, Diploma dan Strata-1 (S-1). Wisudah...

Ormas Kegamaan Punya Peran Signifikan Menanggulangi Covid-19

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah- Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Diklat dan Litbang Kemenag RI bekerjasama dengan Al-Wasat...
- Advertisement -

LUBUK PAKAM, Suara Muhammadiyah – Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Deli Serdang dan Ortom Muhammadiyah Deli Serdang terus melakukan kampanye pencegahan penyebaran Covid-19.  Kegiatan kampanye ini dilakukan di beberapa kecamatan dan melibatkan unsur ortom diantaranya Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah.

Wakil MCCC Deli Serdang Faizal Azmi yang juga sekretaris Pemuda Muhammadiyah Deli Serdang, menyampaikan, MCCC Deli Serdang terus menggenjot kegiatan kampanye pencegahan penyebaran Covid-19 khusus nya di Deli Serdang. Kami melihat peningkatan jumlah penderita yang terpapar grafik nya terus.  Sehingga tidak ada kata berhenti atau menyerah dengan covid-19 ini.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga belum menurunkan atau merevisi keputusan nya terhadap covid-19 ini. Maka kami MCCC Deli Serdang terus melakukan kegiatan kampanye pencegahan, dan kali ini pelibatan seluruh unsur ortom Muhammadiyah harus di lakukan agar kampanye pencegahan ini sifat nya menjadi massif dan lebih luas dari yang kami lakukan di bulan-bulan sebelumnya.

Senada dengan yang di sampaikan Faizal Azmi, Rio Alvin Kurniawan Sekretaris MCCC Deli Serdang menyampaikan bahwa aktifitas kampanye di bulan ini dan kedepan harus dilakukan dengan relawan yang lebih banyak dan skala kecamatan nya juga di perluas oleh MCCC.

Semenjak wacana “New Normal” di gulirkan, ternyata jumlah kasus covid-19 di Deli Serdang semakin meningkat. Ini menunjukkan ada tafsiran yang salah oleh masyarakat terhadap apa new normal tersebut. Pantauan relawan MCCC di lapangan yang di laporkan kepada kami melihat bahwa new normal itu di artikan oleh masyarakat bahwa covid-19 ini sudah selesai dan masyarakat bisa beraktifitas kembali seperti saat covid-19 belum terjadi.

Padahal new normal itu adalah bentuk adaptasi kesehatan baru yang harus dilakukan oleh masyarakat. Masyarakat silahkan keluar rumah untuk kegiatan-kegiatan penting dengan menerapkan protocol kesehatan seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun dan memakai masker, tapi di lapangan kondisi nya malah kebalikan nya. Artinya kampanye edukasi tentang new normal dan pencegahan covid-19 harus di lakukan ke masyarakat secara langsung.

MCCC Deli Serdang melibatkan ortom-ortom Muhammadiyah agar melakukan kegiatan kampanye pencegahan ini. Agar masyarakat dan daerah yang terjangkau lebih banyak dan lebih luas maka MCCC Deli Serdang melibatkan anggota ortom-ortom yang ada di kecamatan-kecamatan agar terlibat dalam kampanye edukasi ini.

Dengan pelibatan ortom ini diharapkan muncul kesadaran dari semua elemen Muhammadiyah bahwa urusan covid-19 ini bukan hanya menjadi urusan MCCC saja, tapi menjadi tanggung jawab bersama stake holder Muhammadiyah secara khusus dan tanggung jawab bersama elemen masyarakat lain nya agar wabah covid-19 ini segera berakhir. (Syaifulh/Rizq)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles