Ketua LSBO PP Muhammadiyah Resmikan Rumah Kaligrafi Syaiful Adnan

Risful, Prof M Jandra, Syukriyanto, Mustofa W Hasyim, Syaiful Adnan, saudaranya berfoto di depan Rumah Kaligrafi Syaiful Adnan

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Ketua Lembaga Seni Budaya dan Olahraga (LSBO) Pimpinan PusatMuhammadiyah, Drs Syukriyanto, M.Hum kemarin melakukan kunjungan silaturahmi ke Rumah Kaligrafi Syaiful Adnan di Jalan Ngasem Yogyakarta.

“Ini merupakan bentuk apresiasi kami terhadap seniman yang dalam kondisi pandemi Coronavirus tidak mau menyerah dan tetap berkarya. Apalagi yang dilakukan saudara Syaiful Adnan merupakan kegiatan kultural relijius, yaitu merefleksikan semangat keagamaan dalam bentuk karya kaligrafi,” kata Pak Syukriyanto yang dalam kunjungan itu ditemani Prof M Jandra yang juga pengurus LSBO PP Muhammadiyah.

Ketua LSBO PP Muhammadiyah Resmikan Rumah Kaligrafi Syaiful Adnan
Ketua LSBO PP Muhammadiyah Syukriyanto AR sedang membubuhkan tanda tangan dan karya kaligrafii yang dipajang di Rumah Kaligrafi Syaiful Adnan

Di Rumah Kaligrafi ini terpajang karya kaligrafii pilihan dua dimensi karya Syaiful Adnan dan kaligrafii tiga dimensi karya Risful. Karya kaligrafi ini membangun suasana teduh dan damai. “Bagi saya, melukis kaligrafii merupakan bentuk dzikir visual. Dalam suasana pandemi saya dan Risful justru semakin khusyuk berkarya,” kata Syaiful Adnan yang sudah malang melintang di dunia kaligrafii kreatif selama puluhan tahun.

Dalam kesempatan itu Pak Syukri menuliskan tanda tangan di kanvas putih sebagai bagian dari peresmian Rumah Kaligrafi Syaiful Adnan. Kawasan Ngasem yang pernah berjaya sebagai kawasan senirupa, kini hadir titik simpul kreatif baru dalam bersenirupa. Itulah makna penting dari hadirnya Rumah Kaligrafi ini. (MWH2020)

Baca Juga:   Prof Chamamah: Berorganisasi itu Nikmat