Mahasiswa PPMT UM Magelang Bantu Sekolah dan Kembangkan Wisata Lokal

Embung Abimanyu Foto Dok Festival Duren Ngropoh

MAGELANG, Suara Muhammadiyah – Menjelang tahun ajaran baru 2020/2021 yang akan dilaksanakan 13  Juli 2020 mendatang, mahasiswa UM Magelang siapkan protokol kesehatan. Hal ini merupakan bagian dari penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang diberlakukan di SD Negeri Ngropoh2 Temanggung.

Penyiapan protokol kesehatan ini adalah kegiatan mahasiswa Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT) yang kegiatanya sempat terhenti karena menyebarnya wabah Virus Covid-19.

Program sebelumnya adalah sosialisasi PHBS yang sasarannya adalah seluruh siswa SD Negeri Ngropoh 2, namun belum terlaksana karena adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sehinga sekolah diliburkan.

Pengganti kegiatan sosialisasi secara langsung, dengan kegiatan pembuatan poster yang terdiri dari Protokol New Normal Masuk Lingkungan Sekolah, Protokol New Normal Masuk Kelas dan Pencegahan Penularan Virus Covid-19. Kegiatan PPMT ini dilaksanakan mulai bulan Februari 2020 sampai akhir Maret 2020, terpaksa dihentikan karena ada penyebaran wabah virus.

Pengembangan Desa Wisata

Kegiatan lain yang merupakan program kerja PPMT yang berada di Desa Ngropoh Kecamatan Kandangan Temanggung adalah penataan wilayah Embung Abimanyu yang merupakan potensi wisata lokal, yang kondisinya memprihatinkan.  Penataan embung ini dikarenakan lokasi embung akan digunakan sebagai kegiatan Pra Event Festival Durian Ngropoh yang dilaksanakan setiap tahun.

Sebagai penunjuk jalan bagi pengujung Embung Abimanyu, mahasiswa UM Magelang juga membuatkan papan penujuk jalan disekitar embung. Selain itu membantu mengajar di TPQ dengan metode “Hafal dan Pulang”. Dengan mengambil kartu hafalan surat-surat pendek secara acak, serta memanfaatkan media pembelajaran yang berupa permainan dan boneka tangan.

Pengelola embung Abimanyu Waluya menyatakan, kegiatan Pra Event dan Event Festival Durian sangat terbantu dengan adanya program PPMT. Diterjunkan bersamaan event tahunan desa Nropoh dan berharap tahun depan masih ada program selanjutnya. Program pengabdian ini bertemakan “Pengembangan Desa Wisata Embung Abimanyu dan Menciptakan Budaya PHBS di Lembaga Pendidikan Desa Ngropoh”.

Baca Juga:   Pengelolaan Pendakian Gunung Sumbing Mahasiswa Unimma

Kelompok PPMT ini berjumlah lima orang, dengan Ketua Wahyu Febrianto. Anggota Rizal Panji Binangkit, Rosana Dewi Larasati yang kesemuanya dari program Studi Teknik Industri. Sedangkan anggota lainya, Rida Nurahman Program Studi Pendidikan Guru MI dan Putri Nur Amalia  Program Studi Pendidikan Agama Islam dengan Dosen Pembimbing Lapangan R. Arri Widyanto, S. Kom., MT. Program PPMT ini dijadwalkan berakhir tanggal 15 Juli 2020. (ariefh/riz)