Ciptakan Alat Pendeteksi Kebocoran Listrik, Kader Muhammadiyah Tegal Tuai Prestasi

TEGAL, Suara Muhammadiyah – Aktifis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah PK IMM Jendral Sudirman Zamghoni Mukhotob berhasil menuai prestasi. Zamghoni menemukan Alat pendeteksi kebocoran arus listrik berbasis microkontroller arduino dengan meraih juara kreanova yang di selenggarakkan oleh Pemkot Tegal.

Kesibukannya Zamghoni selaku IT STIKes Muhammadiyah Tegal tak pernah kenal lelah sembari bekerja, kuliah dan Aktif di berbagai organisasi Muhammadiyah seperti IMM. Zamghoni juga aktif di kegiatan Kominfo Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Tegal.

Saat diwawancarai redaksi pada Selasa, 14 Juli 2020 tetang prestasinya, Zamghoni mengungkan bahwa dirinya bersama teman teman tim kampus berhasil menciptalan inovasi baru sebuah alat pendeteksi kebocoran arus listrik berbasi micro-controller Arduino.

Alat yang diciptakan ini untuk mengetahui cara merangkai dan membuat alat pendeteksi kebocoran listrik rumah. Mengetahui kerja mikrokontroller Arduino dan kerja sistem pendeteksi kebocoran listrik beserta fungsinya dalam rangkaian ini.

Zamghoni mengembangkan kreatifitas mahasiswa dalam pembuatan alat sebagai alat bantu masyarakat dalam mendeteksi kebocoran listrik rumah dengan cepat.

Tujuan Untuk membuat alat pendeteksi kebocoran listrik menggunakan mikrokontroler Arduino sebagai alat bantu untuk mengidentifikasi adanya kebocoran listrik atau tidak pada jaringan listrik rumah tangga. Sebagai alat bantu bagi masyarakat secara luas dalam mendeteksi dan mengenali tentang kebocoran arus listrik pada jaringan listrik rumah tangga.

Manfaat alat ini dibuat dan dirancang untuk mendeteksi kebocoran arus listrik secara cepat pada jaringan listrik rumah tangga, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat luas dalam mengidentifikasi kebocoran listrik di rumahnya. “Mengurangi pemborosan listrik yang terbuang maupun (cost) yang dikeluarkan, mengurangi terjadinya hubungan arus listrik yang bisa menyebabkan timbulnya kebakaran listrik,” ungkapnya. (Hendra Apriyadi)

Baca Juga:   Milad Muhammadiyah ke-108, SMP Musawerna Berbagi Sembako