Kolaborasi Lintas Benua PCIM Jerman Raya-PRM Hargomulyo di Masa Pandemi

Bantuan Lazismu PCIM Jerman Raya-PRM Hargomulyo

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Jerman Raya kembali bekerjasama dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Hargomulyo mengadakan bakti sosial di Kalurahan Hargomulyo. Kegiatan lintas benua yang diselenggarakan mulai hari Sabtu s.d. Senin, 16-18 Mei 2020 ini melibatkan banyak unsur diantaranya PCIM Jerman Raya, PRM Hargomulyo, PRA Hargomulyo, Lazismu & MCCC Hargomulyo.

Menurut Drs. H. Suyasman, M.A., Ketua PRM Hargomulyo baksos kali ini sekaligus sebagai respon tanggap bencana dampak wabah covid-19 yang melumpuhkan ekonomi masyarakat kebanyakan. Dia menambahkan bahwa dengan tidak pastinya kapan pandemi ini akan berakhir menyebabkan ketidakpastian pula pencaharian masyarakat akan pulih. Saat ini banyak warga kehilangan pekerjaan serta transaksi ekonomi relatif berkurang sehingga menimbulkan dampak kerawanan sosial.

Sedangkan Ketua Panitia Baksos, Cholis Hajar mengungkapkan bahwa baksos kali ini mentasyarufkan zakat fitrah, fidyah & sedekah dari warga PCIM Jerman Raya yang dihimpun oleh Lazismu PCIM Jerman Raya disalurkan melalui Lazismu PRM Hargomulyo bekerjasama dengan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Hargomulyo.

Selain zakat, infak & shodaqoh dari warga Muhammadiyah Jerman Raya juga ditambah dengan infak shodaqoh warga masyarakat khususnya warga Muhammadiyah di Hargomulyo. Bakti sosial diwujudkan dalam bentuk pemberian paket sembako kepada 200 orang dhuafa berisi beras 10 kg, gula jawa 1 kg, minyak goreng 1 liter ditambah dengan handsanitizer dan sabun cair.

Selain itu juga diberikan tali asih kepada 30 tenaga pendidik dan kependidikan non PNS di lingkup Amal Usaha Muhammadiyah-‘Aisyiyah Hargomulyo serta santunan kepada anak yatim-piatu yang ada di Kalurahan Hargomulyo. Cholis berharap melalui bantuan ini sedikit meringankan beban warga miskin terdampak covid-19.

Adapun MCCC Hargomulyo sebelumnya juga telah mengadakan kegiatan penyemprotan disinfektan di sekolah Muhammadiyah-Aisyiyah Hargomulyo, tempat ibadah serta rumah-rumah penduduk, demikian disampaikan Koordinator MCCC Hargomulyo, Burhani Arwin. Selain itu juga telah melakukan edukasi kepada masyarakat utk tetap tinggal di rumah, menjauhi berkerumun, jaga jarak, memakai masker & rajin mencuci tangan.

Baca Juga:   Haedar Nashir: Muhammadiyah Perlu Kembali Gerakkan Tradisi Literasi

Menurut Burhani, guna menghindari berkerumun maka mekanisme pembagian paket sembako kali ini adalah dengan diantar ke rumah masing-masing dengan tetap menerapkan protokol keamanan covid-19. Dia menambahkan, masyarakat terus dihimbau utk mematuhi anjuran pemerintah, MUI & ormas keagamaan dalam rangka memutus penyebaran virus covid-19.

Perwakilan PCIM Jerman Raya, Dr. Phil. Ridho Al Hamdi, M.A. mengungkapkan bahwa pentasyarufan zakat, infak, shodaqoh warga Muhammadiyah Jerman Raya tahun ini kembali diadakan di Indonesia setelah tahun kemarin diselenggarakan di Afrika tepatnya di negara Sierra Leone. Sedangkan dua tahun sebelumnya, 2018 penyaluran juga dilakukan di Hargomulyo.

Menurut Ridho pencapaian penggalangan zakat, infak shodaqoh kali ini tidak bisa sebanyak seperti tahun-tahun sebelumnya dikarenakan dampak covid-19 yang melanda dunia termasuk Jerman & sekitarnya. Meskipun demikian dia berharap bahwa kegiatan ini tetap membawa manfaat bagi muzaki maupun mustahiq serta berbagai pihak yang terlibat. Dapat memupuk silaturahmi, menyuburkan empati serta rasa kebersamaan dan sosial bagi aghniya’ kepada mustadh’afin, imbuhnya.

Ridho juga menyampaikan bahwa selain dari warga Indonesia yang berdomisili di Jerman, zakat, infak, shodaqoh juga disampaikan oleh warga negara muslim asli Jerman dan sekitarnya. Disebut Jerman Raya karena tidak saja dari negara Jerman melainkan meliputi negara-negara di sekitarnya seperti Hongaria, Polandia, Austria, Rep. Ceko, Slovakia dan lainnya.(riz)