29.6 C
Yogyakarta
Selasa, Agustus 11, 2020

Tiga Puluh Auditor Mutu Akademik Unismuh Ikuti Penyegaran

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Haedar Nashir: Kerjasama Jadikan Unismuh Unggul dan Berkemajuan

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag resmi dilantik jadi Rektor baru Unismuh Makassar periode 2020-2024. Prof Ambo Asse...

Prof Ambo Asse Resmi Dilantik Jadi Rektor Baru Unismuh ke-11

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Prof Dr H Ambo Asse, M.Ag resmi dilantik menjadi Rektor Unismuh Makassar. Guru Besar dari UIN Alauddin Makassar...

Kiprah Prof Rahman Rahim Memajukan Unismuh

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah - Rektor Unismuh  Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE,MM telah berakhir masa periodenya  sebagai rektor sejak Sabtu...

Olah Inovasi Produk dari Bengkuang, Pertanian UMP Dampingi Desa Linggasari

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah - Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purwokerto menyelenggarakan program tahunan yaitu Program Desa Mitra terhadap Desa atau Daerah yang mempunyai...

KKN Alternatif Fikes UMP Peduli Masyarakat Terdampak Covid-19

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah -Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok KKN Alternatif Kelompok 9 FIKES UMP membagikan sembako kepada masyarakat diantaranya lansia dan masyarakat...
- Advertisement -

MAKASSAR, Suara Muhammadiyah – Sebanyak 30 auditor mutu akademik Unismuh Makassar, ikut penyegaran secara virtual Kamis pagi (16/7/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Unismuh Makasaar, juga satu peserta berasal dari Universitas Muhammadiyah Enrekang dan STIKES Muhammadiyah Manado.

Prof Dr Gagaring Pagalung mewakili BPH Unismuh Makassar pada sambutanya mengatakan, menyambut baik kegiatan penyegaran ini, agar di masa depan akan menghasilkan mutu yang lebih baik dari tahun sebelumnya, walau dalam kondisi Covid-19.

Bisnis inti (core business) Unismuh Makassar adalah pendidikan sehingga autcome adalah kualitas luaran. Pihak yang layak memberi penilaian adalah kalangan dari luar entah individu dan institusi.

Standar mutu akademik dan non akademik Unismuh Makassar, perlu dikaji ulang instrumen yang sudah ada, dengan menyesuaikan diri dengan ketentuan dari pemerintah yakni pihak BAN-PT, katanya.

Rektor Unismuh Makassar diwakili Wakil Rektor I, Dr.H.Ir.Abd Rakhim Nanda, ST,MT pada sambutannya mengatakan, hasil audit agar tersosialisasi merata ke semua unit kerja dan akan jadi rujukan dalam pengambilan kebijakan.

Rakhim Nanda juga meminta kepada auditor mutu, untuk berfikir bagaimana menyeimbangkan mahasiswa yang masuk dan yang keluar dengan proses penyelenggaraan akademik berjalan normal, tandasnya.

Ketua LPM Unismuh Makassar, Dr.H. Lukman Hakim, M.Si, melaporkan kalau peserta penyegaran ini diikuti 30 auditor.

Tampil selaku nara sumber, Staf Litbang Dikti PP Muhammadiyah, Munawaar Khalil, M.Ag, dengan materi, Penyusunan SOP AMI dan RTM PTM Dr. H. Lukman Hakim, M.Si (Standar Mutu Akademik dan Non Akademik).

Dr.Ir. Irma Sribianti, S.Hut, MP, IPM (Rubrik Standar Mutu Akademik). Dr.Rahmi, S.PI, M.Si (Rubrik Standar Mutu Non Akademik).

Dijelaskan, tujuan kegiatan ini agar para auditor internal yang berjumlah 45 orang bisa menyesuaikan tugasnya dengqn materi baru terkait 9 kriteria borang baru 4.0.

Diharapkan semua auditor dapat mengisi formulir secara online yang telah dikirim, kecuali jika berhalangan. Persiapan materi penyegaran, serta pemateri sementara dilakukan,

kata alumni S3 PPs-IPB, Departemen Ekologi Manusia Penyuluhan Pembangunan.

Materi penyegaran akan disampaikan oleh Munawar Khalil dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dan Dr. Irma Sribianti, Dr. Rahmi, kata Wakil Dekan 1 Fisip Unismuh 1997.

Kedua pemateri itu adalah alumni peserta penyegaran auditor di Jakarta dan Palembang awal 2020, kata Sekeretaris LP3M 2001dan Divisi Monev LPM 2009-2016.

“Selama kegiatan berlangsung akan ada praktek dan diskusi kelompok tugas auditor, kemungkinan di padukan dan di undang datang diskusi. Rencana akan dilaksanakan di aula Fakultas Kedokteran lantai 1,” kata Kepala Biro Akademik Unismuh Makassar.(Yahya)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles