Buat Terobosan, Prodi Pendidikan Matematika UMM Launching LAAMMARI berbasis Android

Dosen Prodi Pendidikan Matematika UMM, Dr. Mohammad Mahfud Effendy dan Adi Slamet Kusumawardana M.Si berdiri di depan Aplikasi LAAMMARI yang baru saja diluncurkan (16/7).

MALANG, Suara Muhammadiyah – Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meluncurkan satu aplikasi terbaru bernama LAAMMARI (Layanan Administrasi dan Akademik Mahasiswa Matematika Mandiri). Launching aplikasi ini dipandu oleh Adi Slamet Kusumawardana, M.Si dan dibuka oleh Kepala Jurusan Pendidikan Matematika UMM, Dr. Mohammad Mahfud Effendy. Acara tersebut dihadiri oleh mahasiswa, alumni, dosen dan staff Prodi Pendidikan Matematika (16/7).

Di masa pandemi ini acara dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti, wajib menggunakan masker dan melakukan physical distancing. Acara yang bertempat di kantor Program Studi Pendidikan Matematika tersebut juga disiarkan secara live melalui akun instagram @math_umm.

Mulanya aplikasi ini hanya dapat diakses melalui komputer yang terletak di depan kantor Prodi Pendidikan Matematika, namun sekarang LAAMMARI dapat diakses melalui aplikasi android pada gadget masing-masing mahasiswa, dosen, maupun alumni Prodi Pendidikan Matematika UMM.

“Aplikasi LAMMARI adalah cita-cita saya sejak lama dalam rangka meningkatkan efektifitas layanan prodi. Aplikasi ini dapat membantu mahasiswa dalam berkuliah mulai dari jadwal kuliah, jadwal bimbingan, hal-hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan mahasiswa. Sehingga mahasiswa tidak lagi menunggu lama di depan kantor Prodi untuk mengurus kebutuhan akademik maupun administrasi” ujar Dr. Mohammad Mahfud Effendy, M.M. dalam sambutannya.

Dalam penggunaannya aplikasi LAAMMARI. Agar dapat memperoleh user dan password, mahasiswa hanya perlu melakukan pendaftaran melalui google form. Di dalamnya terdapat beberapa submenu yang berkaitan dengan kebutuhan mahasiswa, adapun isi dari sub menu tersebut yaitu: (1) sub menu dosen yang berisi informasi data dosen dan kehadiran dosen di jurusan secara real time, (2) sub menu skripsi yang dapat digunakan untuk mendaftar skrpsi, (3) sub menu surat yang digunakan untuk mengurus administrasi beberapa surat perizinan, (4) sub menu mahasiswa yang berisi informasi data mahasiswa, (5) sub menu kontak person yang menghubungkan mahasiswa dengan TU prodi, (6) sub menu jadwal kuliah, (7) sub menu jadwal seminar proposal, dan (8) sub menu kritik dan saran.

Baca Juga:   UMM Diundang Perkenalkan Islam Indonesia di Taiwan

“Aplikasi ini mempermudah kami dalam mengurus administrasi, selain itu dimasa pandemi dengan segala kegiatan yang harus dilakukan secara online, LAAMMARI merupakan salah satu solusi untuk terus melakukan segala kegiatan kampus,” komentar salah satu mahasiswa yang ikut dalam acara tersebut. (sindi/diko)