ICOSI UMY: Serentak Adakan 14 Konferensi Internasional Online

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Tahun ini Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengadakan International Conference on Sustainable Innovation (ICOSI) pada tanggal 13-14 Oktober 2020. Namun penyelenggaraan ICOSI 2020 mengalami perubahan sistem pelaksanaan kegiatan. Dimana seluruh pembicara maupun penyaji makalah dan peserta akan bertukar pikir melalui sebuah media dalam jaringan (daring). Pada ICOSI 2020 ini UMY mengusung tema Cutting-Edge Innovations on Sustainable Development Goals (SDGs).

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY Dr Sukamta, M.T mengatakan bahwa tema tersebut sangat berkaitan dengan kondisi dunia yang dihadapi pada saat ini. Pasalnya, saat ini tantangan makin kompleks. Baik tantangan bidang ekonomi, ketahanan pangan, kemiskinan, ditambah dengan adanya wabah pandemik covid 19 yang masih melanda dunia yang mengancam berbagai aspek.

Ketua panitia ICoSI 2020, Dr. Yeni Rosilawati, SIP, SE., M.M, dosen program Studi Ilmu Komunikasi UMY juga mengatakan bahwa ICOSI 2020 menjadi ajang para ilmuwan, dosen, peneliti dan pengambil kebijakan untuk mempresentasikan ide-ide dan karyanya. Ia berharap konferensi ini dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Yeni juga mengatakan bahwa tahun lalu ICoSI 2019 dihadiri oleh lebih dari 1000 orang peserta serta pembicara dari berbagai negara di dunia dan berhasil mengumpulkan 1200 abstrak makalah. ICOSI 2020 akan melaksanakan 14 konferensi berbeda dari berbagai disiplin ilmu secara serentak yang akan dilaksanakan pada rentang waktu yang sudah ditentukan.

Berikut daftar 14 konfrensi yang akan diselenggarakan pada gelaran ICOSI 2020 bulan Oktober mendatang.

ICPU (2nd International Conference on Pharmaceutical Updates), ICOMS (6th International Conference on Management Sciences), ICLAS (9th International Conference on Law and Society), ICMHS (4th International Conference Medical and Health Sciences).

ICAF (6th International Conference for Accounting and Finance), ILEC (2nd International Language and Education Conference), ICONURS (2nd International Conference on Nursing), ICITAMEE (International Conference on Information Technology, Advanced Mechanical and Electrical Engineering), IConARD (2nd International Conference of Agribusiness and Rural Development).

Baca Juga:   Charity Concert UMY untuk Korban Bencana

ICONPO (10th International Conference on Public Organization), ISHERSS (2nd International Symposium on Social Humanities Education and Religious Sciences), DREAM (5th Dental Research and Exhibition Meeting (DREAM), ICHA (International Conference on Hospital Administration), and ICoSA (3rd International Conference on Sustainable Agriculture).

Konferensi ini terbuka untuk umum, dengan terlebih dahulu melakukan registrasi pendaftaran melalui laman https://icosi.umy.ac.id/ dengan biaya pendaftaran 300 ribu rupiah perorang. Pendaftaran dibuka hingga 12 Oktober 2020. (Ak/Riz)