SD Unggulan Muhammadiyah Krembangan Berdiri

Peresmian SD Unggulan Muhammadiyah Krembangan

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – “Hadirnya SD Unggulan Muhammadiyah Krembangan ini diharapkan tidak hanya sebagai lembaga pendidikan dan keagamaan semata namun juga sebagai lembaga pemberdayaan umat dalam mempersiapkan generasi Islami di masa depan,” demikian disampaikan Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo pada peresmian SD Unggulan Muhammadiyah Krembangan, Jum’at 10 Juli 2020.

Bupati menambahkan bahwa selain sebagai sarana menimba ilmu pengetahuan dan keagamaan SDU Muhammadiyah Krembangan juga dapat dijadikan sebagai media mempererat ukhuwah islamiyah guna membangun umat menuju masyarakat yang berguna bagi keluarga, lingkungan, bangsa dan agama sehingga nantinya akan terbentuk generasi yang agamis, beretika, berbudaya dan memiliki semangat kebangsaan yang tinggi.

Hadir meresmikan berdirinya SDU Muhammadiyah Krembangan Dr. H. Agung Danarto, M.Ag. selaku Sekretaris PP Muhammadiyah disaksikan Bupati Kulonprogo, Drs. H. Sutedjo, Wakil Ketua DPRD Kulonprogo, H. Ponimin Budi Hartono, S.E, MM. beserta anggota, Kemenag KP, Ketua PDM KP beserta jajarannya, Kepala Dinas Dikpora KP, Panewu beserta unsur Forkompimkap, PCM Panjatan dan berbagai unsur lainnya.

Selain peresmian berdirinya SDU Muhammadiyah Krembangan juga dilakukan prosesi pelantikan Kepala SDU Muhammadiyah Krembangan, Rini Utami, S.Pd. oleh Ketua PDM Kulonprogo Dr. H.M. Jumarin, M.Pd. dilanjutkan Sosialisasi Kegiatan Belajar Mengajar TA. 2020/2021 oleh Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulonprogo Arief Prastowo, S.Sos., M.Si.

Dalam kesempatan tersebut Dr. H. Agung Danarto selaku Sekretaris PP Muhammadiyah hadir bersama BPH UMY Drs. H. Sahari menyampaikan bantuan pembangunan sebesar Rp. 500 juta dari PP Muhammadiyah dan Rp. 200 juta dari BPH UMY.

Menurut Ketua Panitia Pembangunan, Drs. Ambar Gunawan, SDU Muhammadiyah Krembangan didirikan di atas tanah wakaf masyarakat yang luasnya 2.267 m2 terletak di Pedukuhan VI, Kalurahan Krembangan, Kapanewon Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Bupati pada tanggal 15 Februari 2020.

Baca Juga:   Lepas 2.498 Lulusan UMSU, Agung Danarto : Muhammadiyah Miliki Gen Pejuang

“Dengan menyerap bantuan donatur mencapai 2 miliar hingga saat ini, dalam jangka waktu 5 bulan SDU Muhammadiyah Krembangan sudah dapat berdiri, diresmikan dan siap beroperasi mulai Tahun Ajaran 2020/2021. Saat ini kami sudah mendapatkan 26 siswa baru untuk kelas I,” pungkas Ambar Gunawan. (riz)