Aksi Ta’awun Sosial AMM Kabupaten Kotawaringin Barat

Aksi Ta’awun Sosial AMM Kabupaten Kotawaringin Barat

PANGKALAN BUN, Suara Muhammadiyah – Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Kabupaten Kotawaringin Barat yang merupakan gabungan organisasi otonom Muhammadiyah terdiri dari Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Tapak Suci melaksanakan aksi ta’awun sosial sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang terdampak banjir di Kelurahan Baru dan Desa Kumpai Batu Bawah Kecamatan Arut Selatan Kabupaten Kotawaringin Barat.

Aksi tersebut diawali dengan penggalangan donasi dan pakaian layak pakai dari warga Muhammadiyah dan simpatisannya pada tanggal 19 – 24 Juli 2020. Kemudian dilanjutkan pada hari Sabtu (25/7) dilakukan pengepakan pakaian layak pakai dan paket sembako oleh anggota Nasyiatul Aisyiyah bertempat di Kantor TK Mujahidin.

 “Setelah dilakukan pengepakan, pakaian layak pakai yang berhasil dihimpun sebanyak 21 dus dan uang hasil donasi setelah dibelanjakan sembako dibagi menjadi 50 paket”, ujar Nur Hidayah (Ketua Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Kotawaringin Barat).

Pada hari Ahad (26/7), dikomandoi oleh Aulia Arif (Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Kotawaringin Barat), anggota KOKAM Pemuda Muhammadiyah dan Tapak Suci melakukan penggalangan donasi dari pengguna jalan yang berhenti di Traffic Light simpang empat Jalan Sutan Syahrir – Jalan Hasanudin dimulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB.

“Alhamdulillah kami menerjunkan 10 personel anggota KOKAM Pemuda Muhammadiyah dan Tapak Suci. Donasi yang berhasil dihimpun sejumlah Rp 2.500.000,00 dan insya Allah akan kami serahkan untuk membantu warga terdampak banjir”, Aulia Arif memberikan keterangan.

Setelah istirahat makan siang dan menunaikan Sholat Dhuhur di Masjid Mujahidin. Anggota KOKAM Pemuda Muhammadiyah dan Tapak Suci bergerak mendistribusikan pakaian layak pakai dan paket sembako ke Posko Peduli Banjir Kelurahan Baru. Pada saat itu bantuan pakaian layak pakai dan paket sembako diterima oleh Koordinator Tim Relawan dan Bapak Muhammad Ramlan, S.Sos Camat Arut Selatan yang sedang berada di Posko.

Baca Juga:   AMM Kutecane Tadabbur Alam di TN Gunung Leuseur

 “Terimakasih atas bantuan Angkatan Muda Muhammadiyah selaku komunitas yang peduli terhadap masyarakat yang sedang ditimpa musibah. Semoga disusul dengan komunitas-komunitas lain yang datang memberikan bantuan”, ujar Camat Arut Selatan sambil tersenyum simpul. Dan kami sahut dengan kompak, “aamiiiiin”.

Kemudian kami langsung berpamitan untuk mendistribusikan kembali bantuan pakaian layak pakai dan paket sembako untuk warga terdampak banjir di Desa Kumpai Batu Bawah.

Tiba di Posko Peduli Banjir Desa Kumpai Batu Bawah yang berlokasi di Desa Kumpai Batu Atas, kami disambut oleh relawan anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) yang dikoordinatori saudara Anto. Kami langsung menyerahkan bantuan pakaian layak pakai, paket sembako dan uang tunai sejumlah Rp 2.500.000, kepada Tim Relawan untuk didistribusikan kembali kepada warga yang terdampak banjir.

Setelah sejenak beristirahat diselingi obrolan ringan, personel AMM sempat diantarkan oleh relawan RAPI untuk melihat lokasi terdampak banjir. Kemudian personel AMM langsung meluncur kembali ke Komplek Masjid Mujahidin Kelurahan Mendawai Pangkalan Bun. (Aulia/Riz)