Kepercayaan Dunia Internasional, Muhammadiyah – NU Terima Ratusan Ribu Masker dari Singapura

Muhammadiyah - NU Terima Ratusan Ribu Masker dari Singapura

SINGAPURA, Suara Muhammadiyah– Temasek Foundation, sebuah organisasi nirlaba Singapura yang bergerak di bidang amal mendonasikan sebanyak 500 ribu masker kepada dua organisasi Islam terbesar di Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

Penyerahan bantuan masker yang dilakukan secara simbolis dan virtual pada Rabu (29/07) di antaranya dihadiri oleh Mr Benedict Cheong Chief Executive Temasek Foundation International,  Cecep Herawan  Sekretaris Jendral Kemenlu RI, H.E. Ngurah Swajaya Duta besar RI untuk Singapura, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti, Agus Samsudin Ketua MCCC dan Syahrizal Syarif dari Nahdlatul Ulama.

Benedict Cheong, menyampaikan bahwa inisiatif tersebut merupakan penanda kan kemitraan kuat yang telah terjalin sejak lama dalam mengimplementasikan berbagai program bersama Muhammadiyah juga NU. Dirinya juga menegaskan betapa kolaborasi sangat penting dalam menghadapi situasi krisis khususnya pandemic Covid-19.

“Tidak ada situasi yang aman, sebelum seluruhnya merasa aman dari pandemi ini,” tukasnya. Oleh karenanya, dirinya menilai bahwa upaya yang dilakukan oleh Singapura dalam menghadapi krisis pandemic di Singapura saja tidak akan cukup tanpa berkolaborasi dalam menangkal krisis yang dihadapi oleh Negara-negara tetangga, salah satunya Indonesia.

Dirinya berterima kasih atas sejumlah upaya dan aksi yang dilakukan oleh Muhammadiyah dan NU dalam situasi krisis pandemi seperti yang sedang dihadap saat ini.

H.E. Ngurah Swajaya Duta besar RI untuk Singapura juga menggarisbawahi pentingnya kerjasama dan kolaborasi yang berkelanjutan, bukan hanya antar pemerintan namun juga antar elemen civil society di Indonesia dengan Singapura.

“Upaya ini menggambarkan kolaborasi yang terjalin, bukan hanya antar pemerintah dengan pemerintah, namun dari people to people. Kami long term partnership ini akan terus terjalin dan dipertahankan.”

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengiyakan hal tersebut. Dirinya turut menggarisbawahi bahwa inisiatif tersebut bukan yang pertama yang dilakukan antara Yayasan Temasek dengan Muhammadiyah. Sebelumnya, Muhammadiyah telah menjalin berbagai kerjasama dengan Yayasan Temasek khususnya dalam ranah pendidikan.  Abdul Mu’ti juga menjelaskan bahwa Muhammadiyah memiliki unit khusus yang bertugas dalam merespons situasi krisis yang beroperasi di seluruh pelosok negeri.

Baca Juga:   Internasionalisasi Muhammadiyah

“Sebelumnya kami telah sering melakukan kerjasama program dengan Temasek Foundation, khususnya di bidang pendidikan. Donasi reusable mask ini akan sangat bermanfaat untuk membantu untuk masyarakat agar mampu bertahan dalam situasi pendemi ini, termasuk mereka yang sedang berada dalam proses penyembuhan. Harapannya Muhammadiyah kemudian mampu membagikan masker tersebut melalui MCCC,” tandas Mu’ti. (ran/Th)