Musera Maknai Idul Adha Sebagai Momentum Berbagi Sesama

Musera Maknai Idul Adha Sebagai Momentum Berbagi Sesama

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Idul Adha merupakan hari besar yang dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Jatuh pada 10 Dzulhijah, diperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim dengan ketaqwaannya yang bersedia mengorbankan putranya Ismail untuk Allah dan kemudian  digantikan oleh-Nya dengan domba. Idul Adha biasanya dirayakan dengan pelaksanaan sholat ied dan penyembelihan hewan kurban.

Tahun ini, MI Muhammadiyah Serangrejo merayakan Idul Adha dengan menyembelih satu ekor kambing. Penyembelihan dilaksanakan di madrasah pada Sabtu (1/8/2020). Komite, orangtua dan warga sekitar turut membantu proses penyembelihan.

Proses penyembelihan kambing di Musera dari donatur atas nama Muhammad Syarief Hidayat dilaksanakan pada pagi hari. Pada tahun sebelumnya, setelah disembelih daging akan dimasak dan dimakan bersama-sama oleh warga madrasah. Namun, karena masih dalam kondisi pandemi, tahun ini daging kurban hasil penyembelihan dibagikan kepada siswa dalam bentuk belum diolah.

Daging dibagikan kepada sebagian siswa. Pendistribusian daging dilakukan langsung oleh guru MI Muhammadiyah Serangrejo dan TK Aba Serangrejo ke rumah masing-masing siswa. Hal ini dilakukan sesuai dengan anjuran pemerintah agar tidak terjadi kerumunan.

Pendistribusian langsung ini juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta sebagai wujud kepedulian sosial bermasyarakat warga madrasah. 

 “Diberikan amanah untuk menyembelih dan membagikan kepada siswa-siswa kami. Kami bersyukur masih bisa melakukannya meskipun kondisinya terbatas.” ungkap Sumarsih, Kepala MI Muhammadiyah Serangrejo.

Pihaknya menambahkan, meskipun tahun ini berbeda konsep dengan tahun-tahun sebelumnya, namun tetap ada point mendasar pada perayaan tahun ini. Makna berbagi, memberikan manfaat dengan tulus ikhlas kepada sesama di tengah pandemi covid-19 dapat memperbesar rasa syukur kita kepada Allah.

 “Mari kita jadikan momentum Idul Adha tahun ini untuk lebih dekat dengan-Nya dan selalu berdoa semoga wabah ini segera berakhir,” pungkasnya. (del)

Baca Juga:   RS Muhammadiyah-Aisyiyah Tangani 3.330 Pasien Covid-19