Sayembara Business Plan Sociopreneur Cabang & Ranting Muhammadiyah 2020

Suara Muhammadiyah – Sayembara dengan total hadiah puluhan juta rupiah sudah mulai dibuka oleh Lembaga Pengembangan Cabang Ranting (LPCR) PP Muhammadiyah. Agenda sayembara ini bertajuk “Sayembara Business Plan Sociopreneur Cabang & Ranting Muhammadiyah 2020”

Terselenggaranya sayembara ini oleh LPCR ialah dalam rangka mendukung program Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) PP Muhammadiyah.

Dengan melibatkan seluruh kader Muhammadiyah di tingkat cabang dan ranting, sayembara ini bertujuan untuk memberikan kontribusi ide bisnis dan aplikasinya dalam memecahkan masalah sosial ekonomi berbasis pemberdayaan cabang  dan ranting Muhammadiyah, khususnya di era pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Sociopreneur sendiri adalah kegiatan wirausaha yang berbasis bisnis namun dengan misi utama untuk menciptakan dampak sosial dalam hal meningkatkan harkat dan taraf hidup masyarakat kelas menengah ke bawah di sekitar lembaga sociopreneur tersebut.

Kategori gagasan sociopreneur  yang boleh diikutsertakan yaitu gagasan sociopreneur atau rintisan sociopreneur dengan usia usaha di bawah enam bulan,  benar-benar lahir di masa pandemi dan membutuhkan pendampingan berkelanjutan.

Total hadiah yang ditawarkan dari sayembara ini ialah sebesar 30 juta rupiah dengan rincian: juara 1 mendapatkan 10 juta rupiah, untuk juara 2 mendapatkan 7,5 juta rupiah, juara 3 mendapatkan 5 juta rupiah, dan untuk juara harapan 1 sampa 3 masing-masing mendapatkan hadiah 2,5 juta rupiah.

LPCR memberikan setidaknya ada tujuh sub tema sociopreneur yang bisa dimasukkan dalam sayembara ini, yaitu

Sub Tema:

1. Teknologi dan Jasa

Meliputi model Sociopreneur yang bergerak dalam penyediaan jasa dan layanan teknologi yang lahir dan  bertumbuh di masa pandemi Covid-19.

2. Pangan, Pertanian dan Kelautan

Baca Juga:   Dua Kabupaten di NTB, Segera Buka Perwakilan Suara Muhammadiyah

Mencakup pengembangan model sociopreneur berbasis pangan, potensi sumber daya pertanian dan kelautan yang lahir dan  bertumbuh di masa pandemi Covid-19.

3. Kesehatan

Meliputi model sociopreneur yang bergerak di bidang penyediaan produk dan layanan jasa berbasis kesehatan yang lahir dan  bertumbuh di masa pandemi Covid-19.

4. Kerajinan

Meliputi model sociopreneur yang bergerak di bidang pengembangan dan pemberdayaan kerajinan lokal yang mampu mendorong pemasukan daerah di masa pandemi Covid-19.

5. Aksi Tanggap Darurat

Mencakup pengembangan model sociopreneur berbasis aksi tanggap darurat untuk melayani dan menolong masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

6. Lembaga Keuangan Syariah

Mencakup pengembangan sociopreneur berbasis lembaga keuangan syariah yang melayani dan menolong lapisaan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

7. Kuliner

Mencakup pengembangan sociopreneur berbasis lembaga keuangan syariah yang melayani dan menolong lapisaan masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Syarat untuk peserta sayembara ini ialah sebagai berikut:

1.            Perseorangan atau berkelompok maksimal 3 orang atas nama/yang mewakili dan diakui oleh PCM atau PRM (dibuktikan dengan surat tugas resmi dari PCM/PRM).

2.            Tidak ada biaya pendaftaran

3.            Mengisi formulir pra penyusunan proposal  (bit.ly/formsociopreneur2020)

4.            Satu PCM/PRM boleh memilih satu atau lebih sub tema yang telah ditentukan

5.            Satu PCM/PRM hanya boleh mengirimkan 1 proposal

Berikut di bawah merupakan ketentuan umum bagi peserta sayembara sociopreneur ini

Ketentuan Umum:

1.            Follow/like akun Fanspage (https://fb.me/lpcr.ppm) dan Instagram (https://www.instagram.com/lpcr.muhammadiyah/) LPCR PP Muhammadiyah terlebih dahulu.

2.            Proposal ditulis pada periode Juli-September tahun 2020

3.            Panjang proposal maksimal 7-8 halaman A4, ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1,5.

4.            Subyek proposal adalah PCM atau PRM di seluruh dunia.

5.