Peduli UMKM di Saat Pandemi, KKN 117 UMY Kembangkan Potensi Batik Trisno Idaman

Peduli UMKM di Saat Pandemi, KKN 117 UMY Kembangkan Potensi Batik Trisno Idaman

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Tim 117 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Batik Trisno Idaman.  Sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Wijirejo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk memajukan digital marketing UMKM Batik Trisno Idaman,” jelas Sagara Fawwaz Pratama, ketua tim KKN 117 pada hari Senin (10/8). Sagara menambahkan bahwa target dari KKN  ini adalah untuk pengembangan UMKM melalui pengembangan digital marketing dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Dalam situasi saat ini banyak UMKM membutuhkan bantuan agar mampu berkembang. “Dalam situasi pandemi Covid-19 saat ini, banyak UMKM yang mengalami kesulitan, nah dengan program pengabdian kami melalui KKN berbasis teknologi informasi digital ini, kami ingin membantu,” tambahnya.

Proses KKN didampingi oleh Dr. Fajar Junaedi dari Program Studi Ilmu Komunikasi UMY, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).  Ada 6 mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. KKN ini adalah bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

“Melalui KKN ini, kami berharap teman-teman mahasiswa bisa menjadi fasilitator bagi UMKM untuk go digital,” harap Fajar. (Riz)

Baca Juga:   STKIP Muhammadiyah Bogor Beri Kompensasi di Masa Pandemi