UM Metro PTS Terbaik di Sumatera Versi Webomatrics

Kampus UM Metro Dok SM

METRO, Suara Muhammadiyah – Dalam rilis terbaru Webomatrics edisi Juli 2020, Universitas Muhammadiyah Metro bertahan di peringkat pertama sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di wilayah Sumatra.

Webomatrics adalah lembaga perankingan perguruan tinggi di seluruh dunia yang rilis dua kali dalam satu tahun, dan untuk di Indonesia tercatat ada 2693 perguruan tinggi yang masuk dalam perankingan.

Poin yang diperoleh Universitas Muhammadiyah Metro dalam situs Webomatrics berasal dari empat indikator penilaian. presence rank 3221, impact rank 3882, opennes rank 3560, dan excellence rank 6528.

Selain terbaik pertama di Wilayah Sumatra, Universitas Muhammadiyah (UM) Metro yang merupakan bagian dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) yang berjumlah 167 PTMA se-Indonesia, UM Metro berada dalam urutan empat besar.

Rektor Universitas Muhammadiyah Metro Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd., mengatakan bahwa capaian yang diraih UM Metro tentunya berkat kerja keras semua civitas akademika dan stakeholder lainnnya.

UM Metro PTS Terbaik di Sumatera Versi Webomatrics
UM Metro PTS Terbaik di Sumatera Versi Webomatrics

“Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini semakin berkembang pesat, kebutuhan akan informasi semakin tinggi, keterbukaan informasi juga menuntut kerja lebih cepat sehingga itulah yang mendorong UM Metro untuk menyediakan layanan administrasi dan layanan akademik berbasis digital, yang tentunya didukung dengan SDM yang unggul dan sarana prasarana yang memadai,” ungkapnya.

Sebelumnya, pada periode Januari 2020 Universitas Muhammadiyah Metro menempati perguruan tinggi swasta terbaik ke-1 di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumatra Selatan, Bengkulu,  Lampung dan Bangka Belitung).

Sementara diketahui, Webometrics adalah situs yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui website universitas tersebut. Sebagai alat ukur Webomatrics sudah mendapat pengakuan dunia, termasuk  di Indonesia. Setiap tahun Webometrics merilis 2 kali perankingan yaitu pada bulan Januari dan Juli.

Baca Juga:   Harapan Ketua Majelis Diktilitbang untuk Lulusan UM Metro

Perangkingan ini juga menjelaskan bahwa suatu website universitas mencerminkan aktivitas akademis suatu universitas. Dengan demikian, semakin berkualitas suatu universitas maka semakin berkualitas pula website yang dimiliki. (Barnas/Riz)