23.9 C
Yogyakarta
Minggu, September 27, 2020

KKN 162 UMY, Gandeng UMKM Luwuk Banggai dengan Digital Marketing

By Suara Muhammadiyah

- Advertisement -

Berita Terbaru

Optimalisasi Peran Lazismu, Edukasi Indeks Literasi Zakat Warga Muhammadiyah

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah - Muhammadiyah sebagai organisasi yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan sejak lama telah ikut andil dalam pengelolaan zakat...

Wali PAUD Muslimat NU Ikut Kerja Bakti Pembangunan PAUD ‘Aisyiyah

LAMONGAN, Suara Muhammadiyah - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan menetapkan PAUD Aisyiyah Percontohan Takerharjo Solokuro sebagai juara Percontohan PAUD Tangguh. Tertanggal 9...

Kader Muhammadiyah Terbitkan Buku “Pada Masa Modern”

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah-Muh. Akmal Ahsan, Kader Muhammadiyah Yogyakarta kembali menerbitkan buku bertajuk Pada Masa Modern (2020). Sebelumnya, Kader...

Guru MIM Kenteng Raih Beasiswa PKK Senam Kemendikbud

KULON PROGO, Suara Muhammadiyah – Dalam rangka mewujudkan Madrasah Berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, guru MIM Kenteng ikuti seleksi...

Lokakarya Kepala SMK Muhammadiyah se-Jawa Tengah di Majenang

CILACAP, Suara Muhammadiyah – Forum Komunikasi Kepala Sekolah (FKKS) SMK Muhammadiyah Jawa Tengah Gelar Lokakarya pada 25 sd 26  September 2020. Bertempat...
- Advertisement -

LUWUK, Suara Muhammadiyah – Tim 162 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Aulia Food. Sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Luwuk Banggai Sulawesi Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

Ada delapan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. Delapan mahasiswa peserta KKN 162 ini berasal dari daerah yang berbeda-beda, mulai dari kota Makassar, Jeneponto, Bone, Luwuk, hingga Kabupaten Buol. Berbeda dari KKN sebelumnya, KKN ini berbasis Informasi Teknologi (IT). KKN ini juga merupakan bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk membantu UMKM untuk melakukan pemasaran digital dan membantu agar UMKM di Indonesia tetap bertahan di era pandemi Covid-19 ini,” jelas Alvikar, ketua tim KKN 162 pada Rabu (12/08).

Alvikar juga menambahkan bahwa target dari KKN ini adalah untuk mengembangkan UMKM melalui pengembangan digital marketing dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Apalagi di masa pandemi ini sudah saatnya UMKM Aulia Food tidak lagi hanya mengandalkan penjualan konvesional tapi juga perlu menuju ranah pemasaran digital agar mampu bertahan dan berkembang. Proses KKN didampingi oleh Filosa Gita Sukmono, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Beberapa kegiatan yang dilakukan salah satunya yaitu pelatihan pembuatan konten untuk media sosial instagram dan facebook guna melakukan pemasaran online, mulai dari konsep-konsep pemasaran online, pembuatan desain poster hingga pelatihan pembuatan caption yang menarik dan persuasif. Tim KKN juga melakukan pendampingan pengelolaan media sosial dan pemasaran online UMKM Aulia Food. Selama melakukan kegiatan tim KKN 162 senantiasa menaati protokol kesehatan untuk covid-19. (PW)

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

More articles