KKN 162 UMY, Gandeng UMKM Luwuk Banggai dengan Digital Marketing

KKN 162 UMY, Gandeng UMKM Luwuk Banggai dengan Digital Marketing

LUWUK, Suara Muhammadiyah – Tim 162 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian masyarakat di Aulia Food. Sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Luwuk Banggai Sulawesi Tengah. Kegiatan ini berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

Ada delapan mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN yang berasal dari berbagai fakultas dan program studi yang ada di UMY. Delapan mahasiswa peserta KKN 162 ini berasal dari daerah yang berbeda-beda, mulai dari kota Makassar, Jeneponto, Bone, Luwuk, hingga Kabupaten Buol. Berbeda dari KKN sebelumnya, KKN ini berbasis Informasi Teknologi (IT). KKN ini juga merupakan bagian dari implementasi catur darma perguruan tinggi UMY secara nyata di bidang pengabdian di masa pandemi.

“Tujuan dari KKN ini adalah untuk membantu UMKM untuk melakukan pemasaran digital dan membantu agar UMKM di Indonesia tetap bertahan di era pandemi Covid-19 ini,” jelas Alvikar, ketua tim KKN 162 pada Rabu (12/08).

Alvikar juga menambahkan bahwa target dari KKN ini adalah untuk mengembangkan UMKM melalui pengembangan digital marketing dan bidang-bidang lainnya yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

Apalagi di masa pandemi ini sudah saatnya UMKM Aulia Food tidak lagi hanya mengandalkan penjualan konvesional tapi juga perlu menuju ranah pemasaran digital agar mampu bertahan dan berkembang. Proses KKN didampingi oleh Filosa Gita Sukmono, sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Beberapa kegiatan yang dilakukan salah satunya yaitu pelatihan pembuatan konten untuk media sosial instagram dan facebook guna melakukan pemasaran online, mulai dari konsep-konsep pemasaran online, pembuatan desain poster hingga pelatihan pembuatan caption yang menarik dan persuasif. Tim KKN juga melakukan pendampingan pengelolaan media sosial dan pemasaran online UMKM Aulia Food. Selama melakukan kegiatan tim KKN 162 senantiasa menaati protokol kesehatan untuk covid-19. (PW)

Baca Juga:   Salurkan KUR Syariah, Menko Perekonomian Dukung UMKM Pemuda Muhammadiyah