Bantu Tiga UMKM Di Sampit, KKN UMY Kembangkan Pemasaran Online

Bantu Tiga UMKM Di Sampit, KKN UMY Kembangkan Pemasaran Online

SAMPIT, Suara Muhammadiyah – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) berbasis Information Technology (IT)  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pengabdian masyarakat di Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Barat. Pengabdian yang dilakukan oleh tim KKN 148 dilaksanakan di UMKM olahan makanan yang berada di Jalan H. Ahmad Sampit.

“Tujuan dari KKN ini adalah membantu UMKM dalam memperluas pangsa pasar UMKM melalui pemasaran digital.  Selain itu mitra UMKM juga didampingi dalam pembuatan pembukuan secara digital agar memudahkan dalam dalam melakukan pencatatan keuangan usaha,” ujar Yunanda Budi Prayitno, ketua tim KKN 148 UMY, Jumat (14/08).

Yunanda menambahkan bahwa dengan adanya KKN ini diharapkan dapat mengenalkan produk olahan khas Kalimantan Tengah terutama daerah Kotawaringin Timur yang selama ini masih belum dikenal secara luas oleh masyarakat terutama masyarakat luar Kalimantan. Kurang luasnya pangsa pasar dari produk tersebut sangat disayangkan, hal ini dikarenakan Kalimantan memiliki olahan makanan dengan bahan dasar yang menarik seperti kripik dari rotan serta stik ikan Jelawat yang memiliki cita rasa yang unik.

KKN berbasis IT ini melibatkan tiga mitra UMKM yaitu UMKM Irlinda, UMKM Norbisa dan UMKM Kopi Bapinang. Selama proses KKN, mahasiswa didampingi oleh Rita Kusumawati, M.Si, dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY sebagai dosen pembimbing lapangan. “Pemasaran digital menjadi suatu kebutuhan bagi UMKM untuk memperluas pasarnya, sehingga dengan adanya program ini produk yang dihasilkan mitra dapat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia,” ujar Rita tentang program KKN yang dijalankan oleh mahasiswa. (Riz)

Baca Juga:   Tersebar di 8 Kabupaten, Mahasiswa KKN UMP Dijamin Sehat