Uji Sertifikasi Kompetensi untuk Penyunting Naskah atau Editor

Uji Sertifikasi Kompetensi untuk Penyunting Naskah atau Editor

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Penulisan buku non fiksi, Penyunting Naskah/Editor, Penyunting Substantif kerjasama Program Studi Magister Pendidikan IPS, UMP dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi LSP Penulis dan Editor Profesional ini di adakan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto dengan di hadiri dari penulis, editor, serta dosen UMP yang menjadi penulis.

Kepala Prodi Magister Pendidikan IPS Dr. Sriyanto, M.Pd sangat mendukung adanya kegiatan ini, karena melihat dengan banyaknya penulis atau editor yang berprofesi sebagai Dosen di UMP. Melihat kebutuhan yang diperlukan penulis serta editor maka UMP dan Program Studi Magister Pendidikan IPS bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi LSP untuk mendapatkan ijin legal sebagai penulis melalu Uji Sertifikasi.

“Setiap orang yang menulis buku harus memiliki sertifikasi profesi LSP Penulis dan Editor Profesional. Kali ini UMP ke 4x nya mengadakan Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Penulisan. Alhamdulilah UMP dipercaya dan sambutan peserta sangat luar biasa karna banyak yang membutuhkan.” Ujarnya

Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Penulisan ini sebagai pintu masuk agar diakui keprofesionalan dalam menulis buku. Namun dengan adanya wabad Covid 19 ini dalam acara Uji Sertifikasi Kompetensi mendapat kelonggaran dimana peserta dapat mengerjakan soal ujian dimanapun namun setelah selesai mengerjakan peserta tetap harus presensi. Salah satu peserta yang hadir adalah dr.Titik Kusumawinakhyu,M.Biomed yang merupaka dosen Fakultas Kedokteran UMP adalah kali pertamanya beliau mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdulilah dengan adanya Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Penulisan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi penulis atau editor yang belum memiliki sertifikasi atau pengakuan sebagai penulis. Dengan pelayanan dan akses yang baik menjadikan peserta nyaman dalam mengikuti kegiatan ini.” Ungkapnya

Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan baik dari peserta. Harapan kegiatan ini adalah untuk memberikan sertifikasi keprofesionalan peserta dalam menulis buku nonfiksi. (emi)

Baca Juga:   PD Muhammadiyah Padang Bangun Kampung Islami