Wujudkan Gerakan Ekonomi Umat, Dosen FEB UMY Kembangkan Pasar Online

Sosialisasi aplikasi bela beli produk itspkumart.id

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Untuk perwujudan ekonomi sebagai pilar ketiga Muhammadiyah, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FEB UMY) melakukan pengabdian masyarakat bekerjasama dengan dosen  Institut Teknologi dan Sains (ITS) PKU Muhammadiyah Surakarta. Program pengabdian ini  ditujukan kepada kegiatan civitas akademika ITS PKU dan masyarakat, khususnya warga Muhammadiyah di lingkungan kampus.

“Tujuan pengabdian ini adalah untuk membangkitkan geliat bisnis melalui gerakan bela beli produk warga Muhammadiyah yang difasilitasi dengan aplikasi jual beli produk secara online dengan nama itspkumart.id,” jelas Suryo Pratolo, ketua tim pengabdi pada hari Jum’at (14/08).

“Kegiatan ini menggandeng ITS PKU sebagai wujud konkrit kerjasama antar PTMA,” tambah Suryo.

Suryo Pratolo menyebutkan ada dua tahapan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini, yaitu tahap pertama sosialisasi terkait dengan aplikasi jual beli produk secara online yang telah dilaksanakan secara daring pada hari Senin (20/07) dan tahap kedua pendampingan penggunaan aplikasi itspkumart.id pada pekan ketiga bulan Agustus ini.

Kegiatan ini melibatkan kolaborasi ITS PKU Muhammadiyah Surakarta dan UMY Yogyakarta. Para dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Suryo Pratolo dan Misbahul Anwar dari UMY dan Ida Untari dari ITS PKU.

Kegiatan pengabdian ini didukung oleh Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian masyarakat (LP3M) UMY, sebagai wujud implementasi catur darma perguruan tinggi Muhammadiyah di bidang pengabdian.  Melalui program ini, diharapkan saling menguatkan ekonomi umat di masa pandemi saat ini. (Riz)

Baca Juga:   Kunjungi SM, Prodi HES UMP Perdalam Kemuhammadiyahan