Manfaat Asi untuk Perkembangan Bayi

Hukum Menyusui Dok GI

BANDUNG, Suara Muhammadiyah – Dalam Rangka memperingati Pekan Asi Sedunia  Program Studi Farmasi Universitas Muhammadiyah Bandung (UMBandung) mengadakan Webinar Series #1. Anis Budi Rahayu M,Si selaku Ketua Program Studi Farmasi memberikan sambutannya  untuk pembukaan acara  Senin (10/8).

Nanda Raudhatil Jannah, M.Si.P Dosen Kimia Farmasi memoderatori acara  yang menghadirkan tiga narasumber yaitu Dr. Rahmad Rizk Fazli, S.Pd., M.Si  selaku Dosen Kimia  Farmasi UMBandung , Dr. Apt. Dwintha Lestari, M.Si Dosen Farmakologi UMBandung serta Apt. Vinda Maharani Patricia, M.Si Dosen Kimia Bahan Alam UMBandung.

Dr. Rahmad Rizk Fazli, S.Pd., M.Si  memaparkan tentang pentingkah  Asi? dalam Pendekatan Agama dan Kimia. Dalam penjelasannya menyebutkan bahwa, manfaat Asi itu  tidak hanya bagi  bayi dan seorang ibu namun banyak manfaat untuk keluarga juga masyarakat.  Komposisi perbandingan Asi sangat  berbeda dengan susu formula standard maupun susu sapi.

‘’Ternyata ASI yang telah disusun oleh Allah swt  memberikan  kandugan  yang mendekati batas minimal yang direkomendasikan’’, ujarnya. Rahmad Rizki juga menyimpulkan bahwa  Pemberian ASI ekslusif pada anak ternyata bisa menjadi salah satu kontrasepsi alami.

Dosen Farmakologi Dr. Apt. Dwintha Lestari, M.Si menjelaskan Pengaruh Emosi & Makanan Bernutrisi untuk Kualitas ASI. Ibu yang  happy  berpengaruh terhadap melimpahnya Asi, serta nutrisi pada makanan. Apt Vinda Maharani Patricia, M.Si Ahli Kimia Bahan Alam memaparkan pemanfaatan tanaman-tanaman herbal di Sekitar Kita  yang dapat dikonsumsi sebagai Pelancar ASI.

Tanaman herbal yang dapat meningkatkan prosuksi Asi yang sering kita temui adalah daun kelor, daun katuk, daun kacang panjang, jantung pisang, temulawak, kunyit dan kenikir . Tanaman yang harus dijndari oleh ibu menyusui yang dapat mengurangi produksi Asi yaitu kopi, peterseli, daun mint, dan oregano. (khy)

Baca Juga:   MuhammadiyahAid Gelar Lokakarya dan Pembelajaran Penanganan Pengungsi Rohingya