UMP Gratiskan Biaya Kuliah Mahasiswa Baru

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho

PURWOKERTO, Suara Muhammadiyah – Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Banyumas Jawa Tengah, menggratiskan biaya kuliah selama satu semester untuk 750 calon mahasiswa baru. Kebijakan ini dikeluarkan dalam rangka program kemerdekaan sekaligus untuk membantu warga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah virus corona.

“Ini Program Kemerdekaan. Kami berikan 750 kuota free biaya SPP tetap semester satu untuk calon mahasiswa baru yang registrasi pada tanggal 17 sd 19 Agustus 2020. Kami berharap kebijakan ini selain dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, juga bisa meringankan beban masyarakat dengan situasi ekonomi yang tak menentu saat ini,” ujar Rektor UMP Dr Anjar Nugroho, Sabtu (15/8).

Dr Anjar Nugroho mengatakan, UMP selalu berkomitmen dalam membangun negeri. “Itulah kenapa tagline Kami UMP untuk Indonesia. Seperti kita ketahui bersama, bahwa pandemi virus corona atau covid 19 berdampak terhadap banyak sektor. Selain memengaruhi dunia pendidikan, virus corona juga sangat berdampak pada ekonomi. Kondisi ini membuat sebagian orang tua sulit menyekolahkan anaknya. Apalagi untuk menempuh pendidikan tinggi.

Untuk itu, Dr Anjar meminta para orang tua mahasiswa tidak perlu mengkhawatirkan biaya kuliah, karena ada kuota free biaya SPP Tetap untuk 750 mahasiswa baru pada semester pertama.

Sementara itu, Kepala Biro Publikasi dan Admisi (BPA) UMP Dr. Yudha Febrianta mengatakan 750 kuota free biaya SPP tetap semester satu bagi calon mahasiswa baru UMP ini hanya berlaku bagi calon mahasiswa baru yang melakukan registrasi pada tanggal 17 – 19 Agustus 2020.

Dibuka Pendaftaran Kuliah Lewat Seleksi Nilai UTBK

Dr. Yudha juga menambahkan, UMP telah membuka jalur seleksi melalui nilai Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020. Jalur UTBK adalah salah satu jalur pendaftaran bagi calon mahasiswa baru UMP yang merupakan Kampus Terbaik di Purwokerto dan peringkat ke 5 PTM terbaik di Indonesia ini.

Baca Juga:   Abdul Mu’ti: Dana Afirmasi Pendidikan Agama Harus Adil dan Terbuka

Setelah sebelumnya membuka seleksi Jalur Minat Prestasi, kini UMP ada seleksi jalur nilai UTBK. Jalur ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2020, 2019, 2018 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 35 program studi pada program Diploma dan Sarjana.

“Adapun informasi Seleksi Jalur Nilai UTBK UMP 2020, ketentuan seleksi khusus Farmasi harus dari SMA IPA/SMK Jurusan Farmasi dengan persyaratan umum mengikuti alur pendaftaran online pada utbk.pmb.ump.ac.id, upload sertifikat UTBK, Upload bukti tes kesehatan, buta warna, napza (untuk Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan) dan Melunasi Biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-,” katanya.

Sementara untuk alur pendaftaran yakni membayar biaya pendaftaran di Bank BRI/Jateng Syariah/Mandiri Syariah sebesar Rp. 200.000,-, Akses & Login utbk.pmb.ump.ac.id menggunakan nomor pendaftaran yang didapat dari Bank, Mengisi Form Data Diri, Unggah Dokumen (sertifikat UTBK) dan memilih program studi, Verifikasi Dokumen, pengumuman (Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima bisa mengunduh pengumuman dan rincian biaya melalui laman utbk.pmb.ump.ac.id. Selesai.

“Untuk jadwal pendaftaran online yakni pada 5 Juli – 30 September 2020 Pengumuman setiap hari / One Day Service Info lengkap dapat diakses melalui laman Penerimaan Mahasiswa Baru UMP pmb.ump.ac.id, pungkasnya. (tgr)