Didampingi Dosen Manajemen UMY, UMKM Berkembang

Didampingi Dosen Manajemen UMY, UMKM Berkembang

YOGYAKARTA, Suara Muhammadiyah – Mengelola bisnis pada era Industri 4.0 tidaklah mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan oleh pengelola bisnis agar mampu bertahan terlebih jika ingin menjadi pemenang. Untuk itulah Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)  melakukan pendampingan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Daerah Istimewa Yogyakarta.  

Pendampingan terutama dilakukan pada UMKM yang berada di sekitar Kampus UMY, salah satunya Zafa Snack & Cathering yang berlokasi Kasihan, Tamantirto, Kasihan, Bantul. Pendampingan yang dilakukan fokus pada aspek pemasaran.

“Kami diajari bagaimana melakukan proses branding agar produk yang kami produksi lebih dikenal masyarakat dan pada ujungnya akan meningkatkan penjualan,” kata Latifah, pemilik Zafa Snack & Cathering, pada Senin (17/8). Latifah menambahkan bahwa, pendampingan yang dilakukan dosen Manajemen UMY sangat bermanfaat.

“Kami sangat berterima kasih atas pendampingan dan bantuan yang diberikan oleh prodi Manajemen ini, semoga usaha yang kami kelola akan semakin berkembang di masa mendatang,” ujar alumni Program Studi Manajemen UMY yang lulus pada tahun 2002 ini.

Proses branding yang dilakukan antara lain mendesain ulang packaging produk dan mengoptimalkan keberadaan media sosial seperti facebook, twitter dan Instagram serta merancang pemasaran online di market place.

“Kami melihat bahwa snack yang diproduksi oleh Zafa Snack & Cathering memiliki banyak varian, rasa yang enak dan tampilan yang menarik,namun belum dikemas dalam dos yang menarik dan sistem pemasarannya baru sebatas dari mulut ke mulut atau getok tular,” kata Rita Kusumawati, M.Si, dosen Manajemen UMY yang mendampingi. Pendampingan yang menjadi rangkaian program pengabdian masyarakat dilakukan bersama dengan Winarso, MM.

“Kami berharap kampus-kampus bisa seperti UMY, mendampingi UMKM untuk berkembang dengan tata kelola yang profesional, terutama agar siap masuk ke market place,” harap Latifah. (Riz)

Baca Juga:   Muhadjir Effendy; Negara Telah Meniru Muhammadiyah