Dosen Manajemen UMY Dampingi Takmir Kelola Keuangan Masjid

Dosen Manajemen UMY Dampingi Takmir Kelola Keuangan Masjid

BANTUL, Suara Muhammadiyah – Masjid Baitul Jannah di Jetis, Tamantirto, Kasihan, Bantul yang baru berdiri membekali takmir masjid dalam pengelolaan keuangan. Oleh sebab itu Wihandaru Sotya Pamungkas dan Edi Supriyono selaku dosen di FEB UMY mengadakan pelatihan dan pendampingan pengelolaan keuangan.

Pelatihan diadakan pada hari Sabtu (08/08/2020) dihadiri takmir masjid, pengajian ibu-bu, dan remaja masjid selaku pengelola TPA yang diberi nama Khusnul Khuluq. Setelah pelatihan dilakukan praktik dan pendampingan menyusun laporan keuangan.

Kegiatan pendampingan dilakukan selama 3 bulan sehingga takmir mampu menyusun laporan keuangan. “Pelatihan dan pendampingan ini bertujuan agar Takmir Masjid mampu menyusun laporan keuangan sebagai pertanggungjawaban terhadap jama’ah”, ujar Wihandaru.

Edi menambahkan bahwa peserta antusias dalam mengikuti kegiatan karena sangat bermanfaat bagi takmir masjid yang baru berdiri dan para jama’ah.

Pelatihan dan pendampingan ini merupakan perbaikan pembuatan laporan keuangan yang telah ada. Laporan keuangan pada pelatihan ini mengelompokkan penerimaan kas berdasarkan sumber dan pengeluran kas berdasarkan kegiatan.

Dengan menggunakan laporan keuangan yang baru takmir lebih mudah untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilakukan. (Riz)

Baca Juga:   Diminati Hingga Mancanegara, Public Lecture Dr Zakir Naik Telah Loloskan 1500 Pendaftar