Guru Menulis Buku SD Muhammadiyah Metro

Guru Menulis Buku SD Muhammadiyah Metro

METRO, Suara Muhammadiyah – SD Muhammadiyah Metro Pusat Lampung menyelenggarakan workshop menulis buku. Pesertanya seluruh guru yang berjumlah 59 orang. Kegiatan ini di diselenggarakan sehari di Aula Kampus 2 SD Muhammadiyah Metro Pusat, Sabtu, 15 Agustus 2020.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan karya buku dari pengalaman-pengalaman guru menjadi pendidik di sekolah. Sebagai pemandu dan pemateri dari Tim Inspira Magazine dipimpin oleh Siti Fatonah, M.Pd.I, yang dibentuk oleh sekolah yang konsen dalam majalah dan penulisan buku. Acara dibuka oleh ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Metro Pusat.

Dalam sambutan pembukaan workshop, Ihwan, S.Ag., selaku kepala SD Muhammadiyah Metro Pusat menyampaikan bahwa; kegiatan ini dimaksudkan untuk menggali pengalaman-pengalaman guru saat proses pembelajaran, penanganan terhadap anak berkebutuhan khusus, strategi pembinaan prestasi, dan menghadapi siswa dan orang tua dengan berbagai kultur dan budaya.

“Guru muda dan guru baru, akan belajar dari tulisan guru lama yang telah menulis. Hasil dari workshop ini akan dijadikan buku, bagi bapak/ibu guru-guru yang sudah menyelesaikan tulisannya, maka sekolah yang akan menerbitkannya.” Uangkapnya.

Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Cabang Muhammadiyah Metro Pusat, Drs. M. Jaeni, M.Pfis. dalam pengarahannya menyampaikan bahwa, menulis itu akan memperpanjang umur.

“Tulisan bapak dan ibu guru dalam bentuk buku, kelak  30 atau 50 tahun kemudian akan dibaca oleh anak cucu kita.” Tutupnya.

Dalam proses workshop yang dipandu Tim Inspira,  para peserta sangat antusias, mereka dengan sungguh-sungguh menyelesaikan tulisan, dengan ditarget dari workshop sehari menyelesaikan lima halaman. Hasil tulisan diprint out kemudian diserahkan kepala kepala sekolah untuk dijadikan kompilasi buku. Full up dari workshop guru menulis ini, guru akan melanjutkan menulis satu buku tiap guru, dan akan diterbitkan oleh sekolah. (Imam Sapi’i/Riz)

Baca Juga:   PAI UAD Arahkan Guru Miliki Keterampilan Menulis