KKN 027 UMY, Sukses Kembangkan UMKM Go Digital di Kebumen

KKN 027 UMY, Sukses Kembangkan UMKM Go Digital di Kebumen

KEBUMEN, Suara Muhammadiyah – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang tergabung dalam tim 027 berhasil mewujudkan program UMKM Go Digital di Kebumen, Jawa Tengah. Mereka  mewujudkan pemasaran digital dan daring untuk Peci Songkok Subhan Nur, sebuah Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang berada di Desa Bandung, RT 03 RW 01, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kegiatan ini telah berlangsung selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2020.

“Awalnya saya tidak menyadari manfaat pemasaran online untuk produk songkok yang saya hasilkan, namun setelah ada KKN dari UMY Yogyakarta selama bulan Agustus 2020 ini saya bisa merasakan manfaatnya,” jelas Subhan Nur, pemilik UMKM pada hari Rabu (19/8).

Subhan menambahkan awalnya hanya menggunakan pemasaran langsung dan melalui Facebook. “Baru setahun terakhir saya pakai Facebook, lalu datang mahasiswa UMY yang memberikan manfaat banyak sehingga akhirnya produk bisa dipromosikan di berbagai media sosial, seperti Instagram dan lainnya,” jelasnya.

Tim KKN 027 UMY terdiri dari tujuh orang mahasiswa dari berbagai program studi, yaituDicky Gunawan (Teknik Mesin), Wasiti Puji Rahayu (Farmasi), Edi Winanto (Farmasi), Nurul Amalia Zahra (Manajemen), Kurniawan Al Afgani (Manajemen), Frida Markhaa Riyandita (Ilmu Hukum), dan Fany Andaristi (Pendidikan Bahasa Inggris). Semuanya merupakan putra daerah Kebumen yang sedang menempuh studi di UMY.

Dosen pembimbing lapangan KKN, Dr. Fajar Junaedi menyatakan bahwa program KKN berbasis teknologi informasi yang dilakukan dengan pendampingan UMKM dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dengan KKN berbasis teknologi informasi yang ditujukan pada UMKM, mahasiswa bukan hanya membuatkan akun media sosial. Lebih dari itu mahasiswa memberikan fasilitasi dan pendampingan agar UMKM bisa membuat konten secara berkelanjutan,” jelasnya.

Baca Juga:   Melalui Studi Etnografi di Daerah KKN, Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Akan Rancang Peta Dakwah

Dosen Ilmu Komunikasi UMY ini menambahkan bahwa keberlanjutan program UMKM Go Digital akan terus terjaga. Keberlanjutan ini dipersiapkan dengan serangkaian workshop pengelolaan media digital UMKM yang dilakukan tim KKN bersama mitra dengan fasilitator mahasiswa dan dosen UMY. (Riz)