Dosen PAI Uhamka Berikan Pelatihan Inovasi Pembelajaran Daring

Dosen PAI Uhamka Berikan Pelatihan Inovasi Pembelajaran Daring

JAKARTA, Suara Muhammadiyah – Dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam melalui Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk realisasi dari Catur Dharma Universitas  kali ini dengan menyelenggarakannya pengabdian di SD Muhammadiyah 08 plus Jakarta.

Agenda ini diselenggarakan dalam rangka memberikan inovasi pembelajaran daring yang efektif dan interaktif agar proses kegiatan belajar mengajar dapat terserap dengan maksimal. Pelaksanaan pengabdian dilaksanakan di SD Muhammadiyah 08 plus yang beralamat di Jalan Bunga Rampai X Perumnas Klender Jakarta Timur, Jum’at (21/8).

Sasaran pada pengabdian ini adalah guru  SD Muhammadiyah 08 plus di mana dosen PAI memberikan pelatihan pembelajaran daring melalui media google classroom. Pelatihan ini diberikan karena melihat kebutuhan sekolah di mana pada masa pandemi ini pihak sekolah sebagai penyelenggara pendidikan perlu mengadakan dan memberikan pelatihan bagi guru. Untuk merancang dan mendesain pembelajaran daring yang menarik dan inovatif sesuai dengan tuntutan dan perkembangan teknoogi di mana sebelumnya  proses KBM dilakukan dengan menggunakan media WA Grup.

Melihat hal tersebut, maka Dosen Prodi Pendidikan Agama Islam berinisiatif dan hadir ke pihak mitra untuk memberikan pelatihan pembelajaran daring melalui media google classroom di sekolah SD Muhammadiyah 08 plus. Kepala sekolah  bekerjasama dengan Dosen Prodi PAI perlu diadakannya adanya Recharging keilmuan khususnya dalam mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala sekolah SD Muhammadiyah 08 plus Evi Diana Riyanti S.Ag yang sangat antusias dengan diadakannya pelatihan ini karena melihan kebutuhan dan recharging bagi guru-guru di SD kami. Kegiatan ini juga mendapatkan sambutan dan arahan langsung oleh ketua Dikdasmen Pimpinan Cabang Muhammadiyah Duren Sawit I Jakarta Timur oleh H. Rusli Abdullah yang sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini karena dinilai pelatihan ini sangat dibutuhkan bagi guru-gur SD Muhammadiyah 08 plus Jakarta.

Baca Juga:   Resmikan Gedung Kedokteran Uhamka, Haedar Nashir: Kemajuan Harus didasari Nilai Etika dan Spiritualitas

Acara pelatiahan pembelajaran daring melalui media google classroom dibagi menjadi tiga sesi pertama yaitu materi “Pengenalan media daring oleh nara sumber pertama yaitu Dr. H. Bunyamin, M.Pd.I sebagai dosen tetap FAI UHAMKA disiplin ilmu Manajemen Pendidikan. 

Sesi ke dua diberikan materi  “Google classroom dan tools yang ada pada fitur Google Classroom” oleh narasumber kedua Lismawati M.Pd Dosen tetap Prodi PAI dengan disiplin keilmuannya dibidang evaluasi pendidikan. Sesi ketiga yaitu praktek langsung/pelatihan pembuatan akun google classroom dan membuat kelas sesuai dengan jadwal mengajar guru di tahun akademik 2020-2021.

Setelah acara ini, khususnya bagi guru dapat terinspirasi untuk menggunakan dan membuat media pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif dalam proses transfer ilmu kepada peserta didik. Bagi para peserta didik diharapkan pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan proses penerimaan inmu dapat terserap secara maksimal.

Pelatihan ini diikuti oleh guru-guru SD dengan sangat antusias dan bermanfaat bagi guru untuk mendesain langsung pembelajaran yang akan diajarkan di tahun akademik 2020-2021 dengan menggunakan media daring platform google classroom. Semoga dengan diadakannya acara ini dapat bermanfaat bagi para guru-guru di SD Muhammadiyah 08 plus Jakarta dan bagi wali murid di SDM 08 plus Jakarta dan menjadi pengalaman yang berharga. (fauzan/riz)