Teladan Ta’awun Antar Amal Usaha Muhammadiyah di Palembang

Teladadan Ta’awun Antar Amal Usaha Muhammadiyah di Palembang

PALEMBANG, Suara Muhammadiyah – Siswa dan guru TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang yang berlokasi di Jalan Jend. Ahmad Yani 13 Ulu Palembang kini bisa tersenyum lebar, karena gedung mereka menimba ilmu kini sudah selesai di bangun oleh Universitas Muhammadiyah Palembang.

Hal tersebut ditandai dengan serah terima gedung TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang dari Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang kepada Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Palembang, Jumat (21/8).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumsel Prof Dr Romli SA, MAg, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr Abid Djazuli, S.E., M.M., PW  Aisyiyah Sumsel, PD Muhammadiyah Palembang, Pimpinan Cabang Plaju, dan Kepala Sekolah TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang.

Dalam sambutannya, Dr Abid Djazuli, SE, MM, mengatakan, Universitas Muhammadiyah Palembang membantu pembangunan gedung ini berdasarkan arahan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Untuk memisahkan tata letak mengingat lokasi yang berdekatan.

Saat ini juga Universitas Muhammadiyah Palembang sedang melakukan pembangunan gedung baru 7 lantai yang bersebelahan dengan gedung sekolah yang lama.

Ia melanjutkan, kaidah anggaran dalam pembangunan ini memang agak berat, akan tetapi karena asas ta’awun saling membantu, sehingga terbangunlah gedung baru TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang ini, yang menghabiskan anggaran sekitar 5,9 Milyar.

 “Pembangunan gedung ini menjadi buah karya Universitas Muhammadiyah Palembang, dan niat kami akan menjadi sekolah-sekolah ini menjadi sekolah laboratorium bagi mahasiswa FKIP dan menjadi sekolah binaan Universitas Muhammadiyah Palembang untuk berkolaborasi dalam membangun sekolah dan guru yang baik.

Pada kesempatan yang sama, Prof Dr Romli SA, M.Ag., menambahkan, cita-cita TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang untuk memiliki gedung baru yang bagus dan refresentatif akhirnya terkabul, hal ini berkat dukungan Universitas Muhammadiyah Palembang karena dalam membangun gedung baru sekaligus tidaklah mudah dan sangat memerlukan bantuan dari pihak lain.

Baca Juga:   Sejarah UM Palembang: Dibangun Atas Cita-cita dan Semangat Tinggi

Prof Dr Romli SA, MAg., menjelaskan, bahwa proses sampai ke tahap pembangunan TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang ini cukup panjang bahkan sampai 20 tahun, akhirnya terselesaikan diperiodesasi Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., dan hakikatnya gedung ini milik persyarkatan secara yuridis.

Oleh karena itu atas nama Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih kepada Universitas Muhammadiyah Palembang atas bantuannya dalam pembangunan gedung ini.

“Kami berharap Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Kota Palembang, Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Aisyiyah Plaju turut memberikan dana partisipasi dalam pembangunan ini, yang teknisnya diatur kedepan, sebagai asas saling membantu” jelasnya.

Ia menekankan kepada pihak sekolah untuk memelihara gedung baru ini, mengingat gedung baru TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang ini masuk standar menengah keatas, untuk itu kedepan disediakan anggaran pemeliharaan agar kualitas gedung ini selalu terjaga.

 “Semoga gedung baru ini menunjang kualitas dan kuantitas siswa serta guru untuk menjadi TK Aisyiyah 11, SD Muhammadiyah 16, dan SMP Muhammadiyah 6 Palembang yang kompetitif.” ungkapnya. (Riaza/Riz)